Berita PilihanKesehatanKutai Timur

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid 19 Capai 50 Persen Lebih

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA –
Tingkat kesembuhan pasien terkonfirmasi Covid 19 terus meningkat akhir-akhir ini. Dari 45 warga Kutai Timur yang terkonfirmasi positif sejak Maret 2020 lalu, kini sudah 28 pasien dinyatakan sembuh. Atau lebih 50 persen.

RSUD Kudungga Sangatta, saat ini hanya merawat 15 pasien Covid 19 yang kesemuanya dalam kondisi sehat dan tinggal menunggu hasil swab saja. Hal ini diungkapkan Kadis Kesehatan dr Bahrani Hasanal.

“Kondisi penyebaran Covid 19 di Kutai Timur, sudah tidak seperti sebelumnya. Angka penambahan pasien terkonfirmasi, bergerak lambat. Bahkan, 15 pasien yang dirawat di RSUD Kudungga serta satu pasien di Balikpapan, terpantau dalam kondisi sehat. Mereka tinggal menunggu hasil swab test yang hasilnya harus negative, sebanyak dua kali berturut-turut, untuk dinyatakan sembuh dan boleh pulang ke rumah masing-masing,” ujarnya.

Saat ini, kata Bahrani, Dinkes Kutai Timur tengah melakukan tracking terhadap pasien terkonfirmasi positif KTM 44 yang meninggal beberapa waktu lalu. Warga ber KTP Bontang namun tinggal di Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur ini, bukan pelaku perjalanan. Ia hanya seorang petani dengan penyakit penyerta stroke. Sehingga tidak terpantau.

“Almarhum ketahuan penderita Covid 19, setelah melakukan rawat jalan untuk penyakit stroke-nya. Saat berobat, tim dokter juga melakukan rapid test, hasilnya reaktif, kemudian ditindaklanjuti dengan swab, hasilnya positif. Kita sekarang lagi tracking, alhmarhum bertemu siapa saja belakangan ini. Karena ia bukan pelaku perjalanan dan tidak keluar rumah, kecuali ke sawah atau kebun,” beber Bahrani(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here