Berita PilihanKutai Timur

Penggunaan Masker Masih Minim, Basti Minta Pemerintah Bagikan ke Masyarakat

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim) meminta pemerintah daerah menyiapkan masker untuk masyarakat sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kutim. Ini pun sejalan dengam intruksi pemerintah pusat mengenai kewajiban masyarakat menggunakan masker.

Anggota DPRD Kutim Basti Sangga Langi mengatakan, Pemerintah Kutim harus menyiapkan masker dan menyalurkannya pada masyarakat. Pasalnya, penggunaan masker di kalangan masyarakat saat ini masih sangat minim.

“Ketika kita berjalan menyampaikan ke masyarakat, mereka mengatakan kita ini tidak keluar, mau keluar tidak di izinkan tapi apa yang diberikan oleh pemerintah, kami tidak ada masker,” ujarnya.

Politis Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga sebagai Ketua Forum RT Desa Sangatta Utara ini menyebutkan bahwa saat ini masker langka di pasaran. Jika pun ada dijual, maka harganya jauh lebih mahal dari biasanya.

Dia menerangkan, komunikasi di kalangan ketua RT untuk Desa Sangatta Utara berjalan dengan baik, semua informasi yang berkaitan dengan penaganan Covid-19 disampaikan melalui grup forum RT via Whatsapp. Dalam perjalanannya, RT mengalami kendala lantaran masyarakat menginginkan agar pemerintahlah yang menyiapkan APD (alat pelindung diri) buat mereka seperti masker.

“Ya masalah masker ini, bisa tidak kira-kira pemerintah menyiapkan masker ini untuk masyarakat,” pintahnya.

Basti juga mengatakan, untuk memudahkan penanganan covid-19, penting bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan edukasi di masyarakat. Tak hanya untuk mencegah, namun langkah-langkah dasar penanggulangan juga perlu disosialisasikan.(advertorial/*4)

Comment here