BeritaBerita PilihanKutai Timur

Cegah Banjir, Basti Minta Pemerintah Teruskan Pembangunan Drainase Pemukiman

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Sebagian wilayah pemukiman Kabupaten Kutai Timur merupakan daerah dekat aliran sungai. Sehingga, tak jarang musibah banjir datang menghampiri. Tak hanya di Sangatta, beberapa kecamatan seperti Bengalon, Sandaran dan Muara Wahau, Telen serta Kongbeng juga kerap tergenang saat curah hujan tinggi dan permukaan air sungai naik.

Di Sangatta, banjir kerap terjadi di beberapa kawasan tepi sungai di Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Namun tidak setiap tahun dialami warga setempat. Hanya saat curah hujan tinggi yang berpadu dengan tingginya air pasang. Meski demikian persoalan banjir harus mendapat perhatian. Hal ini diungkapkan Basti Sangga Langi, anggota DPRD Kutim dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kutai Timur.

“Perlu pembenahan drainase pada jalan-jalan utama di Sangatta Utara, semisal di Jl Yos Sudarso I yang belum menyentuh hingga ujung kecamatan. Dimana dari pengechekan yang saya lihat, hanya sampai di Bumi Ayu,” ujarnya.

Ia meminta pemerintah melanjutkan pembangunan dan pembenahan drainase di wilayah Sangatta Utara, termasuk di pemukiman-pemukiman penduduk. Agar saat musim hujan tiba, tidak menyebabkan banjir dan menjadi persoalan yang berulang-ulang.

“Termasuk memperbaiki saluran drainase di gang-gang tempat pemukiman penduduk, kalau perlu diperbaiki semua. Alhamdulilah memang, saat ini soal banjir sudah agak berkurang parahnya dibandingkan dulu. Tetapi paling tidak pemerintah tetap melakukan langkah-langkah antisipasi,”kata Basti.(advertorial/*4)

Comment here