Berita PilihanKutai Timur

Percepatan Pemerataan Pembangunan, Sobirin Bagus Minta Kutara Segera Diwujudkan

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Isu pemekaran kembali mengemuka. Rentang jarak antara kecamatan, terutama di kawasan pedalaman menuju ibukota kabupaten menjadi opsi terbaik dilakukan pemekaran. Selain kesenjangan sosial dan ekonomi masyarakatnya.

Usulan pemekaran ini kembali diangkat oleh anggota DPRD Kutai Timur, dari Komisi A, Sobirin Bagus. Ia mengusulkan Kecamatan Muara Wahau sebagai perlintasan antara Kabupaten Kutai Timur dan Berau, yang juga menghubungkan jalur selatan Kalimantan Timur dengan Kalimantan Utara, untuk menjadi kawasan pemekaran. Pasalnya, jalur tersebut kian hari kian padat dengan distribusi barang maupun orang. Namun, fasilitas umum belum mendukung secara maksimal.

“Kecamatan Muara Wahau, sebagai perlintasan, harus memiliki fasilitas umum yang lebih baik. Mulai dari jalan, pelayanan kesehatan serta kantor pelayanan yang standard an mudah diakses,” ujar Sobirin.

Tapi, lanjut Sobirin, yang terlihat saat ini, sejumlah desa di Muara Wahau, masih minim fasilitas umum. “Jika ingin cepat membangun, salah satu solusinya adalah dengan pemekaran wilayah. Kecamatan Muara Wahau dengan kecamatan sekitarnya segera menjadi Kabupaten Kutai Utara,” ungkap wakil rakyat dapil pedalaman yang menjabat Sekretaris Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya.

Ia berharap, Kutai Utara bisa segera terealisasi. Dengan begitu, anggaran akan terfokus dan dapat dikelola untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pemenuhan kebutuhan layanan umum dan sarana prasarana pendukungnya.(advertorial/*4)

Comment here