Jadi Kebutuhan, Masdari Siap Upayakan Pendirian Pabrik Kelapa Sawit Mini

IMG 20200214 WA0005

 

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Selain penghasil batubara, Kabupaten Kutai Timur juga memiliki potensi besar dalam pengembangan industri hilir kelapa sawit. Dengan luasnya areal perkebunan kelapa sawit yang hampir ada di seluruh kecamatan se Kutai Timur.

Luasnya perkebunan kelapa sawit, harus didukung dengan pendirian pabrik kelapa sawit, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat petani sawit dalam memproses tandan buah segar yang baru dipanen. Minimal pabrik sawit mini. Keinginan tersebut terlontar dari masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) Kutai Timur (Kutim) II, meliputi Kecamatan Sangatta Selatan, Teluk Pandan, Rantau Pulung dan Bengalon.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Kutai Timur, Masdari Kidang mengatakan pabrik sawit mini menjadi keinginan masyarakat. Namun tak pernah dibahas pada ajang Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

IMG 20200311 WA0052

“Pabrik sawit mini bagi petani swadaya, tidak saja bisa mengurangi biaya transportasi tetapi juga akan memberikan pilihan harga jual bagi petani. Namun ada beberapa kendala yang kemungkinan jadi pertimbangan bagi pembangunan pabrik mini tersebut, di antaranya ketersediaan listrik yang belum memadai dan edukasi para petani lokal,” kata Masdari.

Ia pun mengatakan akan berupaya untuk mencari solusi demi memuluskan keinginan masyarakat tersebut. Karena pembangunan pabrik mini kelapa sawit, tidak harus seutuhnya dari pemerintah, tapi bisa juga bantuan pihak ketiga. “Bersama-sama membangun untuk kesejahteraan masyarakat sekitar juga. Karena adanya pabrik mini, di beberapa kecamatan di dapil II, bisa memangkas biaya operasional juga,” ujarnya.(advertorial/*4)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *