Telen Usul Jadi Ibukota Kabupaten Kutai Utara

89F861DE 2B85 4BDD A671 015970E3A800

RUMAHKARYABERSAMA.COM, TELEN – Setelah dari kecamatan Kongbeng dan Muara Wahau, kaki Wakil Bupati Kutai Timur, H Kasmidi Bulang ST MM bergerak ke Kecamatan Telen. Beragam usulan terutama infrastruktur dasar, seperti jalan, listrik dan air bersih pun bermunculan dalam pertemuan yang digelar di gedung pertemuan, Desa Batu Redi, Kecamatan Telen, Minggu (9/2/2020).

Satu di antaranya, adalah keinginan Kecamatan Telen untuk menjadi ibukota Kabupaten Kutai Utara, bila nanti Daerah Otonomi Baru (DOB) tersebut, benar-benar mendapat restu dari pemerintah pusat. Hal ini disampaikan Camat Telen, Luhat Ivung.

BB928396 FAD9 4DF6 9EF3 226D4A941CF4“Kami memiliki 40 usulan program prioritas dari seluruh desa yang berjumlah delapan desa. Masing- masing desa menyampaikan lima program prioritas untuk pembangunan di desa. Selain itu, saya juga menyampaikan keinginan masyarakat Telen, agar Kecamatan Telen bisa menjadi ibu kota Kabupaten Kutai Utara (Kutara) bila kelak dimekarkan dari Kabupaten Kutai Timur,” ungkap Luvat Ivung.

Dalam kesempatan tersebut, masing-masing desa di Telen, yakni Desa Muara Pantun, Desa Juk Ayaq, Desa Rantau Panjang, Desa Marah Haloq, Desa Kung Mekah, Desa Ling Segar, Desa Kenyanyan dan Desa Long Moran mengusulkan program prioritas berupa, semenisasi jalan, listrik, air bersih, pembangunan jembatan dan pembangunan Kantor Camat yang baru. “Kami harap, ada pembangunan untuk Kantor Camat, secara permanen serta perbaikan jalan provinsi yang masuk ke Kecamatan Telen, sepanjang kurang lebih 30 Km,” ungkap Luhat Ivung.

Menanggapi hal tersebut, Wabup Kasmidi Bulang mengatakan seluruh usulan yang disampaikan akan menjadi catatan penting OPD terkait. Untuk dibahas pada Musrenbang di tingkat kabupaten. Namun untuk usulan Kecamatan Telen agar menjadi ibukota Kabupaten Kutara kelak, ia belum bisa berbicara banyak. Karena keputusan DOB masih di tangan pemerintah pusat.(advertorial Diskominfo Perstik Kutim/*1*2*3)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *