Kerap Jadi Bahan Kritik, Agusriansyah Ajak Masyarakat Dukung Pengembangan KEK MBTK

IMG 20200214 WA0005

IMG 20200214 WA0002

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Harapan besar masyarakat Kutai Timur, terutama di kawasan pesisir Sangkulirang, Sandaran, Kaliorang dan Karangan (Sangsaka), akan segera beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) sangat besar. Ada lapangan pekerjaan, potensi usaha dan peluang lain yang diyakini mampu memperbaiki perekonomian warga sekitar.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi D, Agusriansyah Ridwan yang juga berasal dari Sangkulirang, mengatakan KEK MBTK adalah sebuah lokasi pengembangan ekonomi kelas nasional yang berjangka waktu panjang. Artinya, pengembangan kawasan tersebut memang tidak bisa instan dan asal-asalan.

“KEK MBTK adalah sebuah sistem pengembangan ekonomi jangka panjang. Memang progresnya yang agak lambat. Dalam perkembangannya sering menjadi bahan utama sebagian orang untuk mengkritik, itu boleh saja. Tapi kita harus berpikir lebih luas lagi,” ungkap politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sebab, lanjut Agus, tidak semua daerah di Indonesia dipilih dan ditetapkan menjadi KEK. Hanya beberapa daerah pilihan saja yang ditetapkan menjadi KEK, sebagai sistem pengembangan ekonomi nasional.

“Bahkan secara level provinsi, di Kaltim ini, Kutai Timur sudah menorehkan prestasi atas dipilihnya kawasan Maloy menjadi KEK. Pak Awang Faroek Ishak selaku mantan Bupati Kutim sekaligus mantan Gubernur Kaltim telah melakukan pencapaian itu, dan Pemkab Kutim bersama DPRD Kutim juga telah sangat mendukung keberadaan KEK MBTK,” kata Agus.

Jadi, masyarakat dan pihak lainnya, baik stakeholder dan lain-lain perlu mendukung lebih lagi terhadap KEK MBTK. Sebab ini bukan program jangka pendek. “Ini program jangka panjang. Akan banyak investasi hilir di KEK MBTK yang bakal berkontribusi demi kemajuan Kaltim dan Kutim dalam jangka panjang,” ungkapnya.(advertorial/rb04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *