Peringati Hari AIDS Dinkes Gelar Jalan Sehat dan periksa Kesehatan Gratis

37F0EC28 A6F8 4720 963F 460479427D1C

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Peringati hari AIDS sedunia Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bersama perusahaan swasta yang ada di Kutim seperti PT KPC, Darma Henwa, UT, Pama Persada dan perusahaan swasta lainnya gelar senam bersama, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis.

22C71BDA 46DC 4D0C 9558 B2514D473407Kegiatan yang dihadiri ratusan masyarakat tersebut digelar di lapangan Town hall , Swarga Bara, Sangatta, Sabtu (14/12/2019) kemarin. Dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan gratis oleh tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kutai Timur.

Peringatan tahun ini dianggap sebagai kesempatan penting untuk memberikan informasi tentang pencegahan dan bahaya virus HIV AIDS, serta sejauh mana peran yang telah dilakukan masyarakat untuk penanggulangan AIDS di Kabupaten Kutim.

Asisten Ekonomi Pembangunan Dra Hj Paulina dalam sambutannya mengajak semua masyarakat Kutim untuk berprilaku hidup yang sehat dan menghindari perbuatan-perbuatan yang merusak kesehatan agar terhindar dari penyakit AIDS.

“Peringatan hari AIDS sedunia diperingati setiap 1 desember, dan pada hari ini di Kutim kita memperingatinya dengan melaksanakan senam bersama, donor darah dan pengecekan kesehatan secara geratis. Perlu kita ketahui bahwa penyakit AIDS ini sangat berbahaya dan bahkan menjadi penyakit yang sangat berbahaya di dunia karena sampai sekarang belum ditemukan obatnya, sehingga tidak bisa disembuhkan,” kata Paulina.

Maklum, HIV/Aids sampai saat ini belum ada obatnya. Sehingga kesadaran warga terhadap penjagaan diri dan perilaku hidup sehat sangat dibutuhkan. Termasuk menghindari perilaku seks bebas dan penyalahgunaan narkotika menggunakan jarum suntik.

β€œSaat ini, informasi dari Komisi Penanggulangan Aids Kutim, penderita Aids di Kutim terus bertambah. hingga November 2019 lalu, tercatat 261 penderita. Padahal 2016 lalu hanya 39 penderita saja,”ungkap Paulina.

Dari ratusan penderita, kecamatan Muara Wahau dan Kecamatan Sangatta utara maupun Selatan menjadi lokasi dengan penderita terbanyak. Tahun 2019 ini, di Muara Wahau tercatat 71 orang dengan HIV/Aids (Odha) sedangkan di kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, tercatat 190 Odha.(rb09)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *