Berita PilihanKutai Timur

Kasmidi Bulang Dilantik Sebagai Ketua Pengprov PASI Kalimantan Timur

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SAMARINDA – Kepengurusan Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kalimantan Timur periode 2019 -2023, dijabat H Kasmidi Bulang ST MM yang merupakan Wakil Bupati Kutai Timur. Pelantikan dilakukan Wakil Ketua PB PASI Bidang Organisasi, Mayjen TNI (Purn) Zaki Anwar Makarim di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Jumat (8/11/2019) siang.

Mengusung tema dengan tekad dan semangat bersama raih prestasi emas pada PON XX 2020 di Papua, pelantikan hari ini dirangkaikan pula dengan coaching clinic dna rapat kerja daerah (Rakerda) PASI Kaltim.

Dalam kesempatan tersebut Kasmidi Bulang mengatakan Pengprov PASI berhasil mengantarkan tiga atlet pada skuad Kaltim untuk PON Papua, yakni, Gayus Simbuang Manggi di nomor Dasa Lomba, Irma Handayani di nomor 10.000 meter dan marathon, serta Rika Eudia Naomi di nomor lempar lembing.

Pengurus berkomitmen mempersiapkan reward bagi atlet dan pelatih PASI Kaltim yang bisa menembus prestasi tingkat nasional. Berupa satu unit motor. Karena atlet ini memiliki limit waktu.

“Kami juga akan memaksimalkan potensi atlet Kaltim. Hingga bisa mencapai puncak prestasi. Termasuk misi meraih medali emas sebanyak-banyaknya di nomor tanding atletik pada PON Papua,” kata Kasmidi.

Dalam jangka panjang, pengprov PASI Kaltim akan memprogramkan pembinaan altelt usia dini di setiap kabupaten dna kota di wilayah Kaltim.

“Kita sadari bersama bahwa pembinaan prestasi olahraga atletik sebaiknya dimulai sejak dini dan berkesinambungan. Karena itu, pelantikan ini, juga kita rangkaikan dengan coaching clinik yang diberikan oleh atlet tingkat nasional Fitriadi dan Emilia Nova. Mohon doanya untuk bisa aih prestasi di PON Papua,” kata Kasmidi.

Ketua KONI Kaltim, Zuhdi Yahya Mengucapkan terima kasih atas pelantikan kepengurusan yang baru. “Untuk Ketua PASI Kaltim yang baru ini, sudah tak diragukan lagi. Sejak dari pemekaran Kabupaten Kutai Timur sudah aktif di bidang olahraga. Sempat jadi beberapa Ketua cabang olahraga dan saya sempat menghadiri pelantikannya. Jadi tak diragukan lagi untuk mengembangkan prestasi olahraga,” ungkap Zuhdi.

PON Papua menjadi tujuan utama KONI Kaltim dalam mengharumkan nama Kalimantan Timur di bidang olahraga. “Saya yakin Pak Kasmidi sebagai Ketua yang baru, PASI Kaltim bisa menjadi penyumbang medali emas. Saru atau dua medali emas sudah cukup membanggakan,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Kaltim, Isran Noor sebelum membuka coaching clinic dan Rakerda PASI Kaltim, mengatakan kalau mau berprestasi, semangat memacu semua unsur psikomotorik badan manusia. Tidak ada urusannya dengan kurang gizi. Dari ratusan ribu penduduk Kaltim, ada yang bisa berprestasi dI tingkat nasional dan internasional. “Orang bisa, kita juga bisa. Kalau persoalan mengenai atletik, tidak perlu tempat secara khusus. Di tempat saya, di carpotek juga bisa. Berlari di jalan. Semangat yang penting. Kita saja yang kadang pilih -pilih. Padahal tempat banyak,” ujar Isran.

Pemprov Kaltim, kata Isran, akan mendukung prestasi para atlet. Anggaran KONI Kaltim yang sudah disetujui DPRD Kaltim, sebesar Rp 350 miliar. “Kita tinggal pikirkan untuk bonus para atlet dan pelatih. Kita gandeng perusahaan untuk membantu olahraga kita di Kaltim. Di Kaltim ini banyak perusahaan yang beroperasi mengeruk kekayaan alam di Kaltim,” kata Isran.

Dalam kegiatan pelantikan tersebut, dirangkaikan juga penandatangan kerja sama antara Ketua PASI Kaltim dengan dua perusahaan PT Kaltim Prima Coal dan PT Tepian Nadena Group. Disaksikan Gubernur Kaltim, Isran Noor, Ketua KONI Kaltim, Zuhdi Yahya dan Wakil Ketua PB PASI, Zaki A Makarim.(rb01,02,03,04,09)

Comment here