Berita PilihanKutai Timur

Berbasis Elektronik, Bappeda Kutim Luncurkan Smart SPJ

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Smart Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) berbasis website dan android akhirnya diluncurkan, Kamis (14/11/2019). Peluncuran digelar di ruang Tempudau, Setkab Kutim dengan disaksikan Plt Asisten Ekonomi Pembangunan, Paulina, anggota DPRD Kutim Faizal Rachman dan beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Kutim dan perwakilan manajemen Bankaltimtara cabang Sangatta serta perwakilan PT Kaltim Prima Coal (KPC).

Proyek perubahan yang dicetuskan Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Keuangan Bappeda Kutim, Jainuddin ini memberi memudahkan pengelolaan keuangan yang masih menggunakan sistem manual. Terutama dalam meminimalisir kesalahan dalam penerbitan SPJ serta hemat waktu. Sehingga lebih efektif dan efisien.

“Smart SPJ menawarkan enam fasilitas. Yakni, pembuatan SPJ melalui aplikasi, baik offline maupun online, e verification, e report, e signature dan e document, serta e surveillance. Jadi, verifikasi bisa lebih cepat, laporan juga bisa diakses langsung oleh pimpinan dan tanda tangan juga bisa dilakukan meski pimpinan sedang di luar kota. Dokumen SPJ juga tersimpan secara elektronik sehingga tidak memakan tempat. Pengawasan dari inspektorat kabupaten juga bisa dilakukan setiap saat,” ujar Jainuddin.

Melihat manfaat program smart SPJ, Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setkab Kutim Paulina, mengatakan, kemajuan era teknologi yang semakin berkembang, program Smart SPJ dapat mempermudah kenerja suatu instansi pemerintah dalam aspek administrasi dan pelayanan. Untuk mewujudkan menajemen pemerintah yang baik khususnya dalam pengelolaan keuangan. Menurutnya aplikasi tersebut dapat digunakan pada OPD, perangkat desa, sekolah sekolah hingga tim Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kami berharap dengan adanya implementasi Smart SPJ, Bapedda sebagai pilot project (percontohan). Diharapkan kedepan dapat diimplementasikan pada OPD maupun stakeholder lainnya. Sehingga dapat memberikan warna baru dalam pemutakhiran dan peningkatan kualitas manajeman administrasi pengelolaan keuangan dilingkup Pemkab Kutim,” ujarnya.(rb04)

Comment here