Berita PilihanKutai Timur

Pangeran Brunei Darusalam Melakukan Kunjungan Kerja ke Kutim

 

RUMAHKARYABERSAMA.COM Sangatta- Pemerintah Kabupaten Kutai Timur sambut baik kehadiran perwakilan Kesultanan Brunei Darussalam untuk melaksanakan ekspose kerjasama Ekonomi, Pendidikan, dan Kebudayaan serta rencana Investasi The Brunei Darussalam Indonesia Malaysia Philippines East Asean Grouth Area Business Council di Kutim.

Pertemuan antara perwakilan Kesultanan Brunei dengan Pemkab Kutim tersebut berlangsung di ruang Tempudau Kantor Bupati Kutai Timur pagi tadi, Kamis (17/10/2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur Drs. H. Irawansayah, Msi dalam sambutannya menjelaskan beberapa gambaran umum Kutai Timur. bahwa luas wilayah Kabupaten Kutai Timur sekitar 35.747,62 Km2 dengan jumlah penduduk hampir kurang lebih 450.000 jiwa.

“Luas wilayah Kutai Timur dari total luas Kalimantan Timur sekitar 17 persen dan Kutim juga menjadi pusat pertumbuhan terutama yang berkaitan dengan sumber daya alamnya (SDA) terutama batu bara serta perkebunan sawit,” Jelas Irawan sapaan akrab Sekda Kutim.

“Namun untuk batu bara sewaktu-waktu pasti akan habis, untuk itu perlu ada trobosan-trobosan dan juga ada kerjasama tentunnya untuk pertumbuhan ekonomi di Kutim khususnya, kami juga berharap kerjasama antara Kesultanan Berunai dapat berjalan dengan baik dan dapat berlanjut” ujarnya

Sementara Chairman The Brunei Darussalam Indonesia Malaysia Philippines East Asean Grouth Area Business Council
Pengeran Yura Kesateria PSN Yusuf mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dari Pemkab Kutim beberapa bulan yang lalu hadir ke Bandar Seri Begawan.

Pengiran Yura Kesteria PSN Yusuf menyampaikan intinya, Mengucapkan terimaksih banyak kepada Pemkab Kutim suda menerima saya dan rombongan sehingga bisa silahtuhrahim dan tatap muka langsung dengan pihak Pemkab Kutim.

“Dari kunjungan Pemkab Kutim tersebut kita (Brunei) merasa terpercaya untuk melakukan kerjasama dalam perancangan perekonomian, investasi dan sebagainya dari kedua belah pihak,” Kata Pengiran Yura Kesteria PSN Yusuf.

Kita bekerja sama dalam hal dibidang Agribisnis, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Pertambangan, Infrastruktur strategis, Pariwisata, Pendidikan kesehatan dan lain-lain sehingga membangun daerah yang maju dan sejahtera.

“Di Kaltim potensi untuk pembangunan perekonomian memang cukup luas, terutama untuk perencanaan infrastruktur sebagai connectify atau penghubung antara daerah yang satu dengan daerah yang lain agar pertumbuhan ekonomi dapat berjalan dengan lancar, dalam hal ini adalah transportasi diantaranya darat, laut dan udara,” Jelasnya.

Usai pertemuan Pangeran Brunei Darusalam YM. Pengiran Yura Kesteria PSN Yusuf Beserta rombongan dan beberapa perwakilan Pemkab Kutim langsung berkunjung ke Pelabuhan Maloy di Kecamatan Sangkulirang yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kaltim. (Advetorial/Diskominfoperstik(rb01 rb05)

Comment here