BeritaKalimantan TimurKutai Timur

Kasmidi Tutup Peransaka se Kaltim, Sampai Bertemu di Penajam Paser Utara

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Setelah lima hari berada di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, ratusan peserta Perkemahan Satuan Karya (Peransaka) se Kalimantan Timur akhirnya harus kembali ke daerah masing-masing. Kegiatan Peransaka ditutup oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim, Hatta Zaenal didampingi Ketua Kwarcab Kutai Timur Kasmidi Bulang, di area Polder Sangatta, Jalan Ilham Maulana, Jumat (20/9/2019) malam tadi.

Banyak kesan yang telah terukir di masing-masing sanubari 386 peserta se Kaltim. Selain wawasan, pengetahuan, pastinya peserta juga mendapat teman baru di ajang ini, yang bisa diajak bertukar informasi. “Atas nama pemerintah daerah, saya menyampaikan terima kasih banyak atas ditunjuknya Kutim sebagai pelaksana Peransaka yang digelar setiap lima tahun sekali. Alhamdulillah Peransaka di Kutim berlangsung sukses,” kata Kasmidi.

Ia berharap, Peransaka bisa memberi motivasi tambahan atau informasi dan pengalaman tambahan yang akan dibawa pulang ke daerah masing-masing. “Kalau ada yang kurang baik ditinggal saja di polder ini. Terima kasih banyak atas kehadiran seluruh perwakilan kabupaten kota se Kaltim yang hadir. Sembilan kabupaten kota bisa hadir, sangat luar biasa,” ujar Kasmidi.

Sementara itu, Hatta Zainal mengatakan kegiatan Pramuka masih terus berlanjut. November mendatang, akan digelar kegiatan Perkemahan Wira Karya Daerah di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), sebagai ibukota negara. “Mudah-mudahan, melalui Peransaka dan PWK Daerah, gerakan Pramuka Kalimantan Timur, bisa berperan aktif menyambut terpilihnya, Kaltim sebagai lokasi IKN baru,” ujarnya.

Selain itu, dalam rapat koordinasi majelis pembimbing, kwartir daerah dan cabang se Kaltim, sudah diputuskan bahwa Kaltim akan menyiapkan lahan perkemahan di kawasan Bukit Suharto, lebih kurang 400 hektar. “Dengan lahan perkemahan tersebut, kita berharap Kaltim tidak hanya mampu menyelenggarakan kegiatan tingkat daerah, tapi bisa tingkat nasional dan internasional,” kata Hatta.(rb03/rb07)

Comment here