Pengukuhan ALPKB dan DRK Diwarnai Ritual Adat

IMG 20190826 WA0022

 

RUMAHKARYABERSAMA.COM,* SANGATTA -Berbagai ritual adat warnai pengukuhan Aliansi Pemuda Kutai Bersatu (ALPKB) dan Datasemen Remaong Kutai (DRK) Kartanegara Ing Martadipura yang dilaksanakan pagi tadi di Gedung Serbaguna Bukit Pelangi, Senin (26/8/2019).

Datasemen Remaong Kutai merupakan kepanjangan tangan serta berada dalam perlindungan kesultanan Kutai Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang telah disahkan oleh Sultan Kutai Drs Adji Mohamad Arifin.,M.Si. DRK melalui pimpinan panglima Remaong Kutai mengemban amanah mulia yang diberikan Sultan untuk menjalankan perintah menjaga dan mempertahankan seni hudaya harkat, martabat dan marwah Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

“Dalam kondisi keberagaman budaya yang ada di tanah Kutai DRK diharapkan dapat menjadi kiblat dan penaung dari berbagai multi etnis serta agama yang dapat menyatukan, mengharmonisasikan dan pengayom bagi masyarakat di tanah Kutai,” kata ketua panitia pengukuhan ALPKB dan DRK, Alnahwan.

IMG 20190826 WA0023

DRK, lanjut, Alnahwan, hadir beranjak dari desakan berbagai lapisan masyarakat yang merasa belum dilindungi dan diayomi secara adil. Desakan segera diwujudkan dengan terbentuknya DRK. Sementara ALPKB merupakan organisasi kepemudaan yang memiliki visi untuk menyatukan pemuda-pemuda yang ada di Kutai Timur yang antusias duduk bersama bersinergi untuk membangun daerah.

Beberapa ritual yang dilaksankan dalam kegiatan pengukuhan ALPKB dan DRK tersebut diantaranya Beluluh, Tepong Tawar, Seserahan/ sesembahan hasil panen masyarakat, atraksi hiburan rakyat dan peninjaunan benda-benda pusaka.(rb05)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *