BeritaKutai Timur

Kasmidi Lepas Ratusan Peserta Pawai Obor 2019

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Masih dalam rangkaian kegiatan menyambut HUT ke 74 Republik Indonesia, Rabu (7/8/2019) malam, Pramuka Kwartir Ranting Sangatta Utara menggelar Pawai Obor 2019. Diikuti sekitar 650 peserta dari 71 kelompok Sangga Pramuka tingkat SD, SMP dan SMA/K se Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan.

Pawai Obor 2019 dilepas Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM yang juga Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kutai Timur di halaman Kantor Camat Sangatta Utara. Satu per satu kelompok membawa kreasi obor dari bambu yang diberi sumbu.

Obor tersebut dibiarkan menyala sepanjang perjalanan dari garis start di halaman Kantor Camat Sangatta Utara hingga ke garis finish di Gedung Pramuka Kwarcab Kutim di Gang PLN Jalan APT Pranoto, Kecamatan Sangatta Utara.

Dalam sambutannya, Wabup Kasmidi Bulang mengatakan Pramuka Kutim harus menjadi seperti obor yang bermakna keperkasaan. Mampu menjadi sosok yang perkasa, siap menghadapi situasi apapun dan menjadi penerang di kala gelap. “Beranjak dari makna tersebut, Pramuka Kutai Timur diharap selalu siap dalam kondisi apapun. Bisa menjadi sosok yang perkasa dan penerang,” ujarnya.

Kasmidi pun mengungkapkan bahwa Kwarcab Kutim baru saja mengirim enam perwakilan Pramuka ke ajang Jambore Internasional di Amerika Serikat. Tak hanya mewakili Kutim, tapi sekaligus Kalimantan Timur.

“Kami jajaran pengurus, berharap, Pramuka Kutim menjadi Pramuka terbaik se Kaltim. Karena, itu menggambarkan pembinaan yang berjalan dengan baik. Apalagi, September mendatang, Kwarcab Kutim dipercaya menjadi tuan rumah peringatan HUT ke 58 Pramuka dan tuan rumah Peran Satuan Karya (Saka), dimana seluruh saka akan berkumpul dan sharing tentang kegiatan masing-masing untuk bersama-sama membangun Pramuka lebih baik lagi ke depan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan Pawai Obor tersebut, ratusan peserta berjalan menempuh jarak sekitar 3 Km. Peserta SD, bergerak dari Kantor Camat Sangatta Utara menuju Jalan Karya Etam ke Jalan Yos Sudarso II hingga ke bundaran Patung Singa, berbelok di Jalan Wolter Monginsidi kemudian ke Jalan Diponegoro dan kembali berbelok di Jalan APT Pranoto menuju Gedung Pramuka di Gang PLN. Sementara peserta SMP dan SMA/K, dari bundaran Patung Singa, mereka bergerak lurus menuju Jalan Yos Sudarso I (kawasan Sangatta Lama), menuju Jalan Diponegoro, sampai simpang 4 belok ke Jalan APT Pranoto, menuju Gedung Pramuka di Gang PLN.(rb01/rb03/rb4)

Comment here