BeritaKutai Timur

Gerakan Smart City, Diskominfo Minta OPD Satukan Data di SISD

RUMAHKARYABERSAMA.CO, SANGATTA – Program smart city di Kutai Timur akan difokuskan di kawasan Polder Sangatta, di Jalan Ilham Maulana, Kecamatan Sangatta Utara. Peluncurannya direncanakan tepat di hari ulang tahun Kabupaten Kutim pada 12 Oktober mendatang. Saat ini progress pembangunan lokasi percontohan smart city terus menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Untuk itu, Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Kominfo Perstik) Kutai Timur selaku SKPD yang menangani program tersebut menggelar paparan terkait progres rencana aksi smart city di hadapan perwakilan SKPD di lingkungan Pemkab Kutim, Kamis (1/8/2018).

Di hadapan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Ir Rupiansyah, Kadis Kominfo Perstik Kutim, Ir Suprihanto CES membeberkan realisasi percepatan program smart city dengan memperlihatkan video revitalisasi kawasan Polder Sangatta serta paparan tentang Sistem Informasi Statistik Daerah (SISD) untuk menyatukan data seluruh Kabupaten Kutai Timur dalam satu laman kabupaten, yakni www.kutaitimurkab.go.id.
“Untuk percepatan, kita perlu bersama-sama, bersinergi memasukkan data ke dalam masing-masing link SKPD yang sudah termuat di dalam web kabupaten. Sebagian sudah ada yang aktif memasukkan informasi. Sebagian belum. Kita harapkan nanti semuanya memasukkan informasi tentang OPD masing-masing,” kata Suprihanto.

Mulai pekan depan, kata Suprihanto, pihaknya sudah menugaskan tim pencari data, untuk mendatangi SKPD di lingkungan Pemkab Kutim. Agar data-data SKPD termuat dalam SISD. “Mulai pekan depan, tim kami akan berkeliling ke SKPD. Untuk meminta data yang bisa diinformasikan ke publik. Dimulai dari PDAM Tirta Tuah Benua Kutim,” ujar Suprihanto.

Seperti diketahui, implementasi smart city, difokuskan pada empat links smart city. Yaitu,
1. Smart Governance, berupa sinergitas antar lembaga pemerintah demi tercapainya layanan publik yang semakin prima. Satu di antaranya adalah penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Integrasi sistem perencanaan dan sistem keuangan, manajemen sistem pelayanan terpadu serta pembayaran PBB secara online.

2 Sistem Informasi Statistik Daerah (SISD), menghasilkan database statistik pembangunan daerah Kabupaten Kutai Timur yang bisa diakses melalui web dan smartphone android, serta menyediakan sistem informasi statistik daerah yang berisi informasi tentang statistik daerah.

3 Smart Society, menyediakan pelayanan pendidikan terintegrasi digital. Untuk pemerataan pendidikan dan kualitas pendidikan, Pemkab Kutim juga menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah-sekolah. Program pengawasan orang tua pada anaknya di sekolah yang bisa diakses orang tua melalui smartphone.

4 Smart Environment dan Smart Living, melakukan revitalisasi kawasan Polder Sangatta, penataan pedagang, fasilitas olahraga, wisata serta kuliner yang lebih terintegrasi.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here