Berita PilihanKutai Timur

Peringati Hari Lingkungan Hidup, 2.000 Pohon Ditanam di Sangatta Selatan

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Memperingati Hari Lingkungan Hidup se Dunia, Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Kutai Timur menggandeng sejumlah stakeholder yang beroperasi di wilayah Kecamatan Sangatta Selatan, untuk melakukan penanaman pohon kayu dan buah. Penanaman sekitar 2.000 bibit pohon digelar di halaman Kantor Camat Sangatta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Penanaman secara simbolis dilakukan Bupati Kutim Ir H Ismunandar MT, Asisten Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat (Pemkesra), Drs Suko Buono M Si, Plt Kadis Lingkungan Hidup, Aji Wijaya Efendi dan Camat Sangatta Selatan, Hasdiah Dohi.

Selain ditanam di halaman Kantor Camat Sangatta Selatan, ribuan bibit tanaman tersebut, juga dibagikan ke warga untuk ditanam di pekarangan rumah warga, minimal satu pohon per pekarangan. Karena Kecamatan Sangatta Selatan tengah menggalakkan program satu pohon buah per pekarangan rumah.

“Penanaman pohon diharapkan menjadi program rutin di Kutim. Kalau bisa, Kantor KUA di Sangatta Selatan memasukkan syarat tambahan bagi pasangan yang akan menikah. Yakni, harus menanam pohon atau membawa bibit pohon kayu atau buah ke KUA,” ujar Ismunandar.

Selain itu, ia juga meminta agar setelah ditanam, ribuan bibit tanaman itu juga dirawat dengan baik. Agar bermanfaat bagi anak cucu kelak. “Jangan hanya sekadar ceremonial yang kemudian ditinggalkan begitu saja. Begitu dicari sudah tak ada pohonnya. Tapi dirawat sampai tumbuh besar dan berbuah,” kata Ismunandar.

Sebelumnya, Camat Sangatta Selatan, Hasdiah Dohi dalam laporannya mengatakan selain menggelar kegiatan penanaman pohon, dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia, Kecamatan Sangatta Selatan juga menggelar kegiatan penyulihan lingkungan bagi anggota TP PKK Sangatta Selatan dan anak sekolah.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here