Berita PilihanKesehatanKutai Timur

Hari Anak Nasional, Dinas PPPA Gelar Pelatihan bagi Forum Anak Daerah

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Memperingati Hari Anak Nasional dan tindak lanjut atas penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menggelar pelatihan bagi anak-anak yang tergabung dalam Forum Anak Daerah.

Pelatihan bertajuk, anak sebagai pelapor dan pelopor ini diikuti puluhan perwakilan pelajar tingkat SMP dan SMA di Sangatta. Kegiatan dibuka oleh Sekda Drs H Irawansyah M Si di ruang Tempudau Kantor Bupati Kutim, Rabu (31/7/2019).

“Melalui pengembangan KLA, maka orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha dan juga pemerintah agar bersama-sama melaksanakan kewajiban dan tanggungjawab dalam upaya perlindungan dan kesejahteraan anak. Artinya, wajib memberi jaminan pada anak terhadap hak-haknya. Yaitu, hak tanpa kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi, sebagaimana telah tertuang dalam undang-undang perlindungan anak yang berlaku,” kata Irawansyah.

Irawansyah juga mengajak seluruh masyarakat Kutim untuk mencintai keluarga. Karena dnegan cinta keluarga, akan melahirkan keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah, yang kelak akan melahirkan anak-anak yang sehat, kuat, cerdas dan berakhlak mulia. “Orang tua harus menjalin komunikasi yang baik dengan anak agar memahami karakter anak. Sehingga ikatan batin semakin erat,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PPPA, dr Aisyah M Kes mengatakan pelatihan anak sebagai pelapor dan pelopor bertujuan menyiapkan generasi muda yang berkualitas sebagai penerus dan pewaris bangsa.

“Karena anak-anak perlu diberi bekal yang kuat, menanamkan nilai-nilai kepribadian luhur, meningkatkan kecerdasan anak, membekali anak dengan keterampilan sesuai dengan bakat dan minatnya,” ujar Aisyah.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan alat permainan anak dan Kartu Tanda Anak (KTA) pada Puskesmas Ramah Anak dan Kecamatan Ramah Anak.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here