IKAT Kutim akan Bangun Rumah Adat Toraja

IMG 20190501 WA0025

 

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kabupaten Kutai Timur akan membangun rumah adat Toraja atau Tongkonan, sesuai bentuk dan ornamen aslinya seperti yang ada di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Rencana tersebut didahului dengan kegiatan peletakan batu pertama yang dilakukan Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar MT di lokasi pembangunan, Jalan Soekarno Hatta, Rabu (1/5/2019). “Kita akan membangun rumah adat Toraja di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur. Rumah adat ini juga akan menjadi ikon kebhinekaan dan tempat berkumpul warga untuk beragam kegiatan. Tidak hanya acara adat, tapi juga perayaan lain,” ungkap Ketua IKAT Kutim, Piter Buyang S Pi M Si.

Rumah adat akan dilengkapi dengan dua unit lumbung di depannya. Karena tidak lengkap kalau tidak ada lumbungnya. Untuk merealisasikan rencana tersebut, IKAT Kutim menurut Piter membutuhkan biaya yang tak sedikit. “Itu makanya kami gandeng Pemkab Kutim dan stakeholder yang ada di Kutim untuk ikut membantu dalam hal penyediaan anggaran,” ungkap Piter.

Sementara itu, Bupati Ismunandar mengatakan pendirian rumah adat Toraja, menandakan adanya beragam suku di Kabupaten Kutai Timur dan selama ini hidup rukun. Mereka bagian dari budaya masyarakat Kutim juga. “Kita ingin keberagaman yang ada menjadi satu bukti persatuan kami di Kutim. Rumah adat tak hanya bisa jadi ikon Sangatta, tapi juga ke depannya bisa menjadi tujuan wisata masyarakat,” ujar Ismunandar.(rb04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *