Ratusan Pekerja Kroyok 1.150.000 Surat Suara

LogoLicious 20190312 213311

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Proses pelipatan surat suara tengah berlangsung di area gedung EXPO Sangatta. KPU Kutai Timur melibatkan 100 pekerja untuk menyelesaikan penyortiran dan pelipatan surat suara yang berjumlah 1.150.000 lembar.

Pelipatan jutaan surat suara tersebut ditargetkan rampung 20 Maret 2019 mendatang. “Pelipatan ditargetkan rampung 20 Maret mendatang. Jadi, dikroyok 100 tenaga agar bisa rampung tepat waktu. Karena tidak hanya dilipat, tapi juga disortir, mana surat suara yang rusak dan mana yang terpakai. Surat suara yang buram, sobek dan ada noda tidak bisa digunakan,” kata Ketua KPU Kutim, Harajatang, Selasa (12/3/2019).

Selain itu, kata Harajatang, surat suara juga ada beragam, ada untuk DPRD Kabupaten dan Provinsi yang pelipatannya lumayan rumit. Kedua surat suara itu, dilipat lebih dulu. Menyusul surat suara untuk DPD dan DPR RI. Kemudian, untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Jumlah surat suara yang ada, menurut Harajatang, sudah disesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di KPU Kutim. Ditambah 2 persen surat suara logistic pemilu dan surat suara untuk perhitungan suara ulang, sekitar 4.000 lembar.

“Tim pelipat terdiri dari warga, perwakilan KPU dan TK2D di lingkungan KPU Kutim dengan pengawasan KPU, Bawaslu dan pihak kepolisian. Jadi terjaga dan aman,” ujar Harajatang.(rb04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *