Kutai TimurWisata

Kenalkan Destinasi Wisata, Desa Muara Bengalon Gelar Pesta Laut

Pesta Laut di Desa Muara Bengalon dimeriahkan lomba perahu hias

RUMAHKARYABERSAMA.COM, BENGALON – Tak kurang 700 warga dari Kecamatan Bengalon, maupun kecamatan-kecamatan sekitar tumpah ruah di Desa Muara Bengalon, Minggu (17/3/2019). Mereka mengikuti gelaran Pesta Laut Muara Bengalon, yang merupakan ajang tahunan masyarakat setempat, sekaligus untuk memperkenalkan destinasi wisata dan potensi perairan di desa tersebut.

Mengusung tema, “Pekan Kreatifitas Pesona Muara Bengalon”, beragam perlombaan digelar dalam kegiatan tersebut. Ada lomba perahu hias, festival makanan olahan berbahan ikan hingga lomba mancing. Dengan memperebutkan hadiah yang juga beragam, termasuk satu unit motor sebagai hadiah utama.

Sekda Drs H Irawansyah M Si yang membuka kegiatan tersebut mengatakan sangat bangga dan menyambut gembira dengan antusias warga menggelar pesta laut dengan meriah. “Potensi perikanan cukup besar di Desa Muara Bengalon. Ada juga wisata perairan dari kawasan mangrove yang bisa menarik wisatawan berkunjung. Ditambah agenda rutin pesta laut, bisa menjadi salah satu penarik orang mau berkunjung,” ungkap Irawansyah.

Selain itu, potensi alam Kecamatan Bengalon juga cukup lengkap. Ada batubara dan perkebunan yang ikut menyumbang pergerakan perekonomian masyarakat setempat. Sehingga dengan pengembangan sektor wisata, maka lengkaplah sektor-sektor pendukung kehidupan masyarakat.

Sementara itu, Camat Bengalon, Drs Suharman mengatakan dengan luasan wilayah 15.553 hektar dan jumlah penduduk 2.001 jiwa, Kecamatan Bengalon memiliki potensi alam yang luar biasa. Ditambah lagi sebagian wilayah merupakan kawasan pesisir dengan potensi perikanan cukup besar.

“Kami berharap, ke depan Desa Muara Bengalon tak hanya menjadi destinasi wisata, tapi bisa pula menjadi desa nelayan yang memiliki tambak pembesaran ikan maupun udang. Sehingga bisa memasok kebutuhan seluruh masyarakat Kutim,” kata Suharman..

Untuk mewujudkannya Suharman berharap dukungan dan keterlibatan semua pihak baik pemerintah, swasta maupun masyarakat.(Advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*5)

Comment here