Sangkulirang akan Deklarasi jadi Kabupaten Baru

IMG 20190226 WA0018
Pelabuhan dan pasar sangkulirang

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Sebuah undangan Deklarasi Kabupaten Sangkulirang menyebar di kalangan media maupun beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Kutim. Sangkulirang yang selama ini menjadi kecamatan dan bagian dari Kabupaten Kutai Timur, ingin melepaskan diri dan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Dalam undangan tersebut, rencana deklarasi disebutkan di Gedung Habibie Sangkulirang, Kamis (28/2/2019) mendatang.

Sebagai putra asli Sangkulirang yang kini menjabat Bupati Kutai Timur, Ir H Ismunandar MT mengatakan usulan tersebut sudah lama digaungkan, bahkan sebelum terbentuknya Kutai Timur. Ia pun mengaku mendukung dengan pembentukan Kabupaten Sangkulirang sebagai DOB.

“Ini sudah pernah diajukan ke DPRD juga, namun belum mencuat seperti Kutai Utara. Namun, harus ada kajian yang mendalam terkait usulan tersebut. Apalagi, pemerintah pusat hingga saat ini masih menerapkan moratorium DOB,” ungkap Ismunandar, Selasa (26/2/2019).

Meski demikian, Ismunandar mengaku mendukung dengan adanya deklarasi tersebut. Karena Kutai Timur, sebagai kabupaten memiliki luasan wilayah yang sangat besar. Sehingga wajar kalau ke depannya ada kecamatan-kecamatan yang ingin berdiri sendiri.

“Ini saya lihat merupakan suara dan aspirasi masyarakat serta tokoh yang ada di Sangkulirang. Untuk membangun Sangkulirang lebih baik lagi ke depannya. Saya sangat mendukung kalau ada niatan yang baik seperti itu,” ujarnya.

Adanya DOB, menurut Ismunandar, memberi nilai positif bagi daerah tersebut, baik induk maupun yang baru dilahirkan. Pertumbuhan ekonomi dan pelayanan di daerah tersebut bisa lebih mudah. Sehingga pembangunannya pun menjadi lebih cepat. Sangkulirang yang berada di kawasan pesisir juga memiliki potensi dan sumber daya alam yang besar yang bisa diandalkan untuk menopang berdirinya sebuah kabupaten baru.(rb04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *