Pencetakan KIA Masih Terkendala Ribbon

WhatsApp Image 2019 01 16 at 12.53.06

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Administrasi kependudukan amatlah penting. Memiliki KTP elektronik salah satunya. Bukan karena musim politik, tapi KTP el sangat bermanfaat dalam beragam pelayanan publik di Indonesia.
Di antara fungsi KTP-el dalam pelayanan public, adalah pada pembuatan rekening tabungan, di kepolisian, untuk pembuatan SIM, SKCK dan lain-lain, termasuk juga di BPJS kesehatan, hingga pembelian tiket pesawat dan kendaraan umum lainnya.

WhatsApp Image 2019 01 16 at 12.53.06

“Kami berharap, seluruh masyarakat Kutim yang belum melakukan perekaman KTP-el, agar segera melakukannya di kantor kecamatan terdekat atau kantor Disdukcapil Kutim di Sangatta. Mengingat pentingnya memiliki KTP el, sebelum data yang ada dihapus,” ujar Kepala Disdukcapil Kutim, Januar HLPA, Rabu (16/1/2019).

Selain KTP el, administrasi kependudukan lainnya yang perlu dimiliki adalah Kartu Identitas Anak (KIA). Namun, saat ini pencetakan KIA masih terkendala tinta khusus atau ribbon.

“Kita ketahui bahwa tahun 2018 dan 2019 adalah tahun politik maka Disdukcapil Kutim lebih mengutamakan pencetakan KTP-el, sehingga untuk pencetakan KIA agak terlambat karena persediaan ribbonya kurang, namun di tahun 2019 setelah Pemilu selesai Disdukcapil akan bekerja kembali terhadap pelayanan KIA,” ungkapnya.

Sementara untuk pencapaian pencetakan akte kelahiran di tahun 2018, Disdukcapil Kutim sudah mencapai angka 90 persen bahkan lebih hingga 100,5 persen. Karena ditambah pendatang yang telah membuat akte kelahiran di Kutim.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *