Minim Biaya Operasional, Disdukcapil Belum Jangkau Seluruh Kecamatan

WhatsApp Image 2019 01 16 at 11.04.10 Copy

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Meski mengalami banyak kendala Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terus berupaya untuk meningkatkan pelayanannya. Ketersedian blangko, tinta, biaya oprasional, kesadaran masyarakat dan sumberdaya manusia merupakan kendala kompleks yang sering dihadapi Disdukcapil Kutim.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Januar PLA saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/1/2019), mengatakan Disdukcapil Kutim di tahun 2018 kemarin sudah melakukan semua yang ada dalam rencana kerja. Namun dalam perjalanannya Disdukcapil mengalami beberapa kendala. Meski begitu, pihaknya terus berupaya melaksanakan pelayanannya.

“Adapun beberapa kendala yang kita hadapi di antaranya mengenai perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) untuk warga Kutim, yaitu biaya oprasional. Kendala ini membuat kami belum bisa menjangkau seluruh kecamatan. Sehingga saat ini, baru di atas 50.000 dari target yang dipatok,” jelas Januar.

Selain itu, Januar juga mengungkapkan ketiadaan kendaraan operasional untuk keliling Kutim. Sebab, dilihat dari topografi dan geografinya, Kutim sangatlah luas. Mobil keliling sangat penting, karena jika tidak ada Disdukcapil agak kesulitan untuk melakukan jemput bola terkait perekaman KTP-el.

Namun Disdukcapil Kutim terus berupaya meningkatkan pelayanannya dengan bersosialisai dan melaksanakan jemput bola di daerah-daerah plosok dengan biaya seadanya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *