Wabup pimpin rapat membahas caseuway pelabuhan kenyamukan

SANGATTA – Masih ingat dengan pembangunan Pelabuhan Kenyamukan Sangatta? Sampai saat ini progres pembangunan masih berkutat soal penyelesaian causeway atau jalan pendekat yang menghubungkan antara sisi laut dengan sisi darat kawasan pelabuhan.

Pekerjaan causeway menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan. Namun, karena berbagai alasan, causeway tidak juga terbangun, meski sudah mendapat alokasi anggaran pada APBN 2018.

Menyikapi masalah tersebut, Wakil Bupati Kutai Timur, H Kasmidi Bulang ST MM langsung menggelar rapat terpadu, melibatkan instansi terkait, mulai dari Dishub Kutim, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Bappeda serta Bagian Pembangunan Setkab Kutim, Senin (5/11/2018).

“Akibat tidak dimulainya pembangunan, ada alokasi multiyears Pemkab Kutim di Dinas Perhubungan maupun Dinas Pekerjaan Umum, untuk mendukung pembangunan Pelabuhan Kenyamukan yang tidak bisa diserap. Begitu juga APBN 2018. Selain itu, potensi ekonomi pun berlalu begitu saja,” ungkap Kasmidi, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Kadishub Kutim, Ikhsanuddin Syarpie mengatakan pihaknya terus mendesak Kemenhub RI untuk segera merealisasikan causeway. Namun, karena ada perubahan Rencana Induk Pelabuhan Sangatta (RIPS), sehingga harus menunggu proses perubahan rampung. Imbasnya, alokasi APBN 2018 untuk pembangunan causeway-pun tak bisa terserap.

“Kabar terbaru, RIPS dan DED sudah mendapat persetujuan di Kementerian. Kemungkinan Desember sudah bisa proses lelang. Januari 2019, sudah masuk proses pekerjaan dan ditargetkan causeway rampung dalam dua bulan,” ungkap Ikhsanuddin.(*)

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!