Pengembangan Strategis Pariwisata Provinsi Kaltim Lirik Geopark Kutim

IMG 20221114 WA0008

SANGATTA, Pengembangan Strategis Pariwisata Provinsi Kaltim Lirik Geopark Kutim – Kawasan Karst Sangkulirang-Mangkalihat di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi salah satu program unggulan untuk pengembangan pariwisata di Provinsi Kalimantan Timur yang masuk dalam atensi Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Ahmad Herwansyah mengatakan bahwa amanah baru yang ditugaskan ke dia termasuk di tiga danau, posisi pihaknya harus menyelesaikan pengembangan destinasi ini dan salah satunya adalah Kawasan Karst Sangkulirang-Mangkalihat.

Lokasi ini terdapat daya tarik wisata karst pegunungan dan gua yang ditujukan untuk wisatawan minat khusus.

Selain itu, di lokasi ini juga terdapat desa wisata budaya manusia purba (rock art). Program ini sampai saat ini terus berjalan, hingga 2024 mendatang. Kalau karst itu geopark juga masih melihat daya tampung dan daya dukung.

“Karst Sangkulirang Mangkaliat yang berada di Kecamatan Karangan, kini sudah masuk 5 besar di UNESCO sebagai nominasi peninggalan warisan alam dan cagar budaya dunia.” pungkas Herwansyah.

Pengembangan Strategis Pariwisata Provinsi Kaltim Lirik Geopark Kutim

Sementara menurut Kepala Dinas Pariwisata Kutim, Nurullah untuk destinasi wisata Kutim yang di unggulkan Pemprov Kaltim diantaranya adalah kars Sangkulirang Mangkalihat, selain itu juga ada Kawasan pantai Teluk Lombok yang meliputi, pantai Teluk Singkama, Teluk Prancis, dan yang selanjutnya adalah Pulau Miang.

β€œPulau miang ini juga merupakan ke unggulan pemprov Kaltim. Bahkan pemkab Kutim sendiri juga sudah cukup melakukan pembangunan disana, apalagi di pulau Miang juga sudah ditetapkan sebagai Kampung Bahari Nusantara, selain itu disana juga terdapat budidaya kima,” jelas nurullah.

Pulau Miang merupakan pulau yang terletak di Kecamatan Sangkulirang, Pulau ini menyajikan pemandangan bawah laut yang sangat memanjakan mata dan membuat para pengunjung akan sangat malas untuk naik ke daratan untuk beberapa saat. (Adv/*/Rb05R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *