Expo HUT Kutim Ke-23 Resmi Dibuka, Bupati Minta Semua Kecamatan Promosikan Potensi Unggulan Daerahnya

Expo HUT Kutim Ke-23 Resmi Dibuka, Bupati Minta Semua Kecamatan Promosikan Potensi Unggulan Daerahnya
Bupati didampingi Wakil Bupati, Ketua DPRD dan Forkompinda menabuh drum sebagai tanda di bukanya ekspo Kutim. Selasa (11/10/2022)

BANNER KOMINFO KUTIM 2022

SANGATTA, Expo HUT Kutim Ke-23 Resmi Dibuka, Bupati Minta Semua Kecamatan Promosikan Potensi Unggulan Daerahnya – Pekan Raya Expo Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 23 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dimulai. 

Pembukaan Magic Land Expo 2022 dipusatkan di Gedung Graha Expo. Pembukaan ditandai dengan tabuhan drum oleh orang Ardiansyah, didampingi Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Forkopimda, serta Sekda Kutim Rizali Hadi.

Bupati Ardiansyah dalam kesempatan itu menyebut, usia 23 adalah usia yang sedang. Dalam arti sedang berkembang. Begitu hal dengan Kabupaten Kutim yang saat ini sedang membangun.

“Tema yang diangkat sebagai “Magic Land” tak asal. Pasalnya, kekayaan alam yang dimiliki Kutim layak disebut sebagai Magic Land. Magic Land atau daerah yang ajaib dikatakan Ardiansyah karena Kutim memiliki potensi segalanya baik dari kekayaan laut, darat, dan hutan. Semua ada..!,” tandasnya.

Untuk itu Bupati meminta para camat merespon agar potensi yang dimiliki daerahnya masing-masing untuk terus dikembangkan dan di promosikan.

Ia menjelaskan, “Magic Land” itu artinya daerah yang ajaib. Semua Kecamatan di Kutim memiliki potensi yang cukup. Baik potensi sumber daya alam(SDA), mulai darat, laut, udara dan sebagainya.

“Mohon di pameran ini, semua Kecamatan jangan sampai ada yang lupa mengenalkan potensinya,” tegasnya kembali.

Dirinya mencontohkan, di Kecamatan Teluk pandan Teluk Pandan terdapat kolam yang besar, di Danau Rendan. Selain disana juga terdapat Goa, Air Terjun, Area Persawahan, TNK dan lain sebagainya.

Expo HUT Kutim Ke-23 Resmi Dibuka, Bupati Minta Semua Kecamatan Promosikan Potensi Unggulan Daerahnya
Bupati Ardiansyah kunjungi stand-stand ekspo Kutim

“Respon itu semua, pamerkan itu semua. Biar masyarakat tahu Magic Land itu bukan sekedar omongan belaka,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Ardiansyah, Kecamatan Sangatta Selatan juga punya potensi. Yakni, Pantai Pasir Putih, Pantai Teluk Prancis dan seterusnya. Sangatta Utara, Kongbeng, Muara Wahau, terus sampai kepada Busang, Sandaran perbatasan Berau semua memilki potensi.

Bahkan dibeberapa pantai bisa menjadi primadona karena keindahannya. Namun pantai-pantai itu belum dikenal khalayak ramai khususnya wisatawan. Mulai dari Pantai Teluk Kaba, Pantai Teluk Prancis dan Pantai Teluk Lingga.

“Saya berharap semua camat sampaikan itu melalui visual atau audio visual di dalam pameran ini. Supaya orang Kutai Timur itu paham, ternyata Kutai Timur itu memili kekayaan alam yang luar biasa,” ucapnya.

Expo HUT Kutim Ke-23 Resmi Dibuka, Bupati Minta Semua Kecamatan Promosikan Potensi Unggulan Daerahnya

Selain kekayaan lautnya, kabupaten terluas di Kaltim ini juga memiliki hutan yang masih terpelihara 68% dari luas 35.000 km per segi, berikut keanekaragaman hayati di dalamnya.

“Kandungan tanah kita punya banyak, ada minyak, ada batu bara, ada emas, ada biji besi. Di atasnya tidak hanya hutan, bisa ditanami sawit, cokelat, bersawah, berkebun,” paparnya.

Terakhir Bupati berharap, dari sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam menyemarakan HUT ke-23 Kutim, memberikan dampak positif, untuk bangkit bersama dalam pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak akibat pandemi Covid- 19 selama 3 tahun terakhir serta inflasi dengan adanya kenaikan harga BBM (Adv/diskominfo/Rb.01,03,05R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *