Suasana Upacara HUT RI Ke-77 Di Kabupaten Kutim Berjalan Lancar

Suasana Upacara HUT RI Ke-77 Di Kabupaten Kutim Berjalan Lancar
Peringatan detik-detik HUT RI ke 77 di lapangan kantor Bupati. Rabu(17/8/2022)

BANNER KOMINFO KUTIM 2022

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA. Suasana Upacara HUT RI Ke-77 Di Kabupaten Kutim Berjalan Lancar – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati, Pusat Perkantoran Bukit Pelangi, Rabu, 17 Agustus 2022. Kegiatan itu diikuti Forkopimda,TNI, Polri, Perangkat Daerah, hingga organisasi masyarakat dan mahasiswa.

Pada upacara tersebut, Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman bertugas sebagai inspektur upacara. Sementara Kapten Laut (Teknik) Didik Irwijanto sebagai komandan upacara. Pembaca teks proklamasi Ketua DPRD Kabupaten Kutim Joni dan pembaca doa Kepala Kemenag Mulyadi.

Para pejabat di lingkup Pemkab juga tampak hadir, diantaranya Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang, beserta para pejabat struktural dan fungsional, Ketua DPRD Kutim Joni beserta anggota legislatif lainnya, Komandan Distrik Militer 0909 Kutim Letkol CZI Heru Aprianto, Komandan TNI-AL Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, Kapolres Kutim AKBP Anggoro Wicaksono, Kepala Kejaksaan Henriadi W Putro. Berikutnya Pemkab juga mengundang unsur tokoh masyarakat, pemuda, agama dan tokoh veteran.

Upacara dimulai sejak pukul 09.30 Wita sedangkan detik-detik proklamasi yang ditandai dengan bunyi sirine dilakukan tepat pada pukul 10.00 Wita.

Bertindak selaku Komandan Paskibraka, Letnan Dua Infanteri, Bagus Aji Suryanata Kusuma, bertindak selaku Perwira Upacara, Kapten Laut (P) Suliana SH, Komandan Pleton Paskibraka Muhammad Alfian.

Suasana Upacara HUT RI Ke-77 Di Kabupaten Kutim Berjalan Lancar

Sebagai pembawa bendera Firda Mar Atus Solihah, sementara sebagai pasukan 3 pengibar Bendera Pusaka, Gabriel Luis Reno Manalu, Muhammad Arif Firmansyah dan Muhammad Arif Dwi Prayoga.

Prosesi pengibaran sang Merah Putih berjalan lancar tanpa hambatan. Diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya hingga ujung tiang tertinggi dan penghormatan dari seluruh yang hadir.

Pelaksanaan Upacara peringatan HUT RI ke 77 ditutup dengan penampilan atraksi baris berbaris (PBB) kreasi dari pelajar SMKN 2 Sangatta Utara yang merupakan binaan dari Lanal Sangatta.

Setelah upacara Bupati, Wabup serta seluruh pejabat yang hadir memberi ucapan selamat pada seluruh anggota Paskibraka Kutim di halaman Kantor Bupati. Kemudian melaksanakan sesi foto bersama dan selanjutnya mengikuti rangkaian upacara detik-detik Proklamasi yang dilaksanakan di Istana Negara secara virtual di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim.

Usai mengikuti rangkaian upacara, Bupati Ardiansyah Sulaiman menyebutkan untuk tema HUT RI tahun 2022 ini sangat tepat. Yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” dari kondisi selama dua tahun yang sulit. Sulit bagi seluruh warga negara Indonesia beraktivitas disebabkan pandemi COVID-19. Untuk masa transisi dan berangsur pulih dari keterpurukan global ini, Bupati pun lantas mengucap syukur.

Suasana Upacara HUT RI Ke-77 Di Kabupaten Kutim Berjalan Lancar
Pasukan pengibar bendera merah putih HUT RI ke 77

“Dengan kondisi transisi tersebut semua pergerakan mulai (menuju) maksimal. Terutama sisi ekonomi dan kegiatan lainnya. Pemerintah juga mendorong UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) untuk bangkit. Diantaranya, dengan menggunakan 40 persen produk dalam negeri. Hal tentu merupakan salah satu contoh upaya memulihkan perekonomian secara nasional sesuai dengan tema HUT Ke 77 Kemerdekaan RI,” tuturnya.

Sementara untuk Kutim, ia mendorong agar UMKM dapat bangkit kemabli, semua kegiatan-kegiatan mulai dari pariwisata, olahraga untuk kemudian dikolaborasikan dengan kegiatan UMKM. Tak lupa ia mengucapkan selamat hari jadi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dia berharap secara umum Indonesia terus membaik di segala sektor. Lebih maju, menjadi bangsa yang lebih kuat dan hebat dari sebelumnya. (adv/Rb.01.03.05R)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *