DPMD Sukses Gelar Peningkatan Kapasitas Diikuti 20 BPD Desa di Kutim

DPMD Gelar Peningkatan Kapasitas Diikuti Seluruh BPD di Kutim
Pj. Sekda Yuriansyah

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA, DPMD Sukses Gelar Peningkatan Kapasitas Diikuti 20 BPD Desa di Kutim.  – Untuk meningkatkan kapasitas Badan Permusyarawatan Desa (BPD) di lingkungan Kabupaten Kutai Timur, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutim melaksanakan pembinaan/peningkatan kapasitas bagi anggota BPD di Hotel Kutai Permai, Sangatta, Kamis (2/6/2022).

Pj Sekretaris Daerah yang juga Kepala DPMD Kutim, Yuriansyah mengatakan, banyaknya keanggotaan BPD di lingkungan Kabupaten Kutim yang telah diambil sumpah/janji pada tahun 2021-2022, tetapi belum memperolah pengembangan kapasitas, sesuai data anggota BPD yang baru dilantik di 2021-2022 kurang lebih 35 desa.

Lebih lanjut, Yuriansyah menjelaskan, adanya amanat pasal 55 ayat (3) dan pasal 58 Permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa, yang menyebutkan bahwa BPD berhak memperoleh pengembangan kapasitas melalui dan studii banding yang bersumber dari APBD, APBD dan APBDes.

“Pada tahun 2022, DPMDes Kabupaten Kutai Timur hanya dapat menyelenggarakan peningkatan kapasitas anggota BPD pada 20 Desa di lingkungan Kabupaten Kutim, sehingga masih ada anggota BPD yang belum memperoleh pengembangan kapasitas dikarenakan keterbatasan anggaran,” terangnya.

DPMD Sukses Gelar Peningkatan Kapasitas Diikuti 20 BPD Desa di Kutim

DPMD Sukses Gelar Peningkatan Kapasitas
DPMD Sukses Gelar Peningkatan Kapasitas yang dikuti 20 BPD Desa di kutim Kamis (2/6/2022)

Maksud dan tujuan kegiatan, sambung Yuriansyah, anggota BPD diharapakan dapat memahami perannya sebagai Lembaga di Desa yang melaksanakan fungsi pemerintahan desa, agar dapat mewujudkan tata Kelola pemerintahan desa yang baik di Desa

Lebih jauh ia menambahkan, pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas anggota BPD terdiri dari dua gelombang yaitu, gelombang I tanggal 1 – 4 Juni 2022 bertempat di Hotel Kutai Permai. Gelombang II, tanggal 6-9 Juni 2022.

DPMD Sukses gelar peningkatan kapasitas
sebanyak 20 BPD Kutim mengikuti pembekalan atau peningkatan kapsitas yang digelar DPMD

Peserta, gelombang I sebanyak 65 orang (anggota BPD) terdiri dari 9 desa dilingkungan Kecamatan Muara Wahau. Gelombang II sebanyak 65 orang peserta (anggota BPD) terdiri dari 11 desa di lingkungan Kecamatan Batu Ampar, Telen, Karangan dan Sangkulirang. Adapun narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bagian Hukum Sekretariat Kutim.(Rb.07)

DPMD Sukses Gelar Peningkatan Kapasitas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *