BeritaKesehatanKutai TimurSeni & BudayaSosial

Satu Unit Ambulance Diserahkan Pemkab Kutim Kepada Warga IKAT

Satu Unit Ambulance Diserahkan Pemkab Kutim Kepada Warga IKAT
Penyerahan Ambulance secara simbolis oleh Wabup Kasmidi kepada Ketua IKAT Piter Buyang yang disaksikan oleh Anggota legislatif David Rante

RUMAHKARYABERSAMA.COM.SANGATTA – Warga Toraja di Kutai Timur menerima bantuan mobil ambulans dari Pemkab Kutim. Serah terima dilakukan di Sekretariat Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kutim, Jalan Soekarno Hatta, Sangatta Utara, Kutim, Jumat (1/4/2022) pukul 17.00 Wita.

Penyerahan secara simbolis berupa kunci mobil ambulans dan STNK dilakukan oleh Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang didampingi Anggota DPRD Kutim David Rante sebagai aspirator. Diserahkan kepada warga Toraja Kutim yang diwakilkan oleh Ketua IKAT Kutim Peter Buyang dan jajarannya serta warga Toraja Kutim.

Anggota DPRD Kutim David Rante sebagai aspirator ambulans mengatakan, usulan ambulans tersebut telah disampaikan pada 2021, hingga akhirnya kini berhasil terealisasi oleh Pemkab Kutim. Yakni, ambulans dengan kapasitas yang dapat menembus berbagai medan jalan.

Satu Unit Ambulance Diserahkan Pemkab Kutim Kepada Warga IKAT
Wabup Kasmidi Bulang saat memberikan sambutan dihadapan warga IKAT

“Karena, warga Toraja di Kutim ada rasa kerinduan untuk pulang ke kampung halaman ketika nanti meninggal, sehingga dengan adanya banyak fasilitas ini menjadi obat rindu kita. Semoga mobil ambulans ini bisa dipergunakan dengan baik dalam melayani masyarakat khususnya warga Toraja di Kutim,” harap David.

Ketua IKAT Kutim Peter Buyang mengucapkan terima kasih kepada David Rante dan Pemkab Kutim yang telah memberi fasilitas mobil ambulans.

“Awalnya kami tidak mengharapkan ambulans, namun ternyata keadaan yang menunjukkan bahwa kami memerlukan ambulans. Bukan hanya untuk kebutuhan warga Toraja saja, namun juga dari berbagai masyarakat hingga paguyuban sering meminta bantuan,” ungkap Peter.

Satu Unit Ambulance Diserahkan Pemkab Kutim Kepada Warga IKAT

Belajar dari pengalaman, lanjutnya, ketika ada warga yang dirawat inap di rumah sakit, proses untuk bisa pulang cukup sulit.

“Tapi ketika ada ambulans, nantinya kami bisa langsung bawa pulang warga rawat inap yang sudah bisa pulang ke rumah. Apalagi kemampuan mobil ambulans ini termasuk mumpuni, bisa melalui jalan terjal sekalipun,” papar Peter.

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengakui, memang kualitas ambulans untuk warga Toraja tersebut adalah yang terbaik di antara pengadaan ambulans lainnya. Diharap nantinya dapat membantu warga menghadapi segala medan.

Satu Unit Ambulance Diserahkan Pemkab Kutim Kepada Warga IKAT

“Kami harap ini bisa bermanfaat panjang. Kami pemerintah bangga memberikan ambulans ini sebagai fasilitas, yang diharap bisa meringankan beban masyarakat sesuai peruntukkannya,” papar Kasmidi.

Apalagi, lanjut Kasmidi, sekretariat IKAT Kutim sudah menjadi salah satu destinasi wisata bernuansa Toraja. Maka keberadaan ambulans akan menjadi pelengkap untuk keperluan warga.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah Anggota DPRD Kutim, antara lain David Rante, Novel Tyty Paembonan, Sayid Anjas, dan Yan. Juga, dihadiri Ketua IKAT Kutim Peter Buyang dan jajaran, beserta sejumlah pendeta dari beberapa gereja. Ada juga sejumlah ketua RT, hingga ibu-ibu dan masyarakat Toraja Kutim.(Rb.01,03)

Comment here