BeritaBerita PilihanKutai TimurPendidikan

Bimtek Peningkatan SDM Pelayanan yang Diselenggarakan Dinas Dukcapil, Diikuti 32 Peserta Dari 18 Kecamatan

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Sebagai upaya peningkatan SDM pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menggelar bimbingan teknis pendaftaran kependudukan dan pencatatan sipil di Hotel Victoria, Kamis (02/12/2021)

Diikuti 32 peserta dari 18 Kecamatan Kab. Kutai Timur. Adapun rencana kedepan empat kecamatan akan dijadikan pilot project untuk proses perekaman dan pencetakan langsung di antaranya; Muara Wahau, Kongbeng, Muara Bengkal dan Kaliorang.

“Saya ingin bukan hanya perekaman, tapi juga pencetakan, bahkan nanti yang paling kita inginkan, akan memiliki anjungan Duckapil mandiri, agar memudahkan masyarakat dalam pengurusan Dukcapil, sehingga masyarakat yang mau merekam dan mencetak, KTP, KK dan sebagainya tidak perlu harus ke Dinas,” ungkap Bupati Ardiansyah Sulaiman saat membuka Bimtek Peningkatan SDM pelayanan

Pada kesempatan yang sama Plt. Kepala Disdukcapil Sulastin menjelaskan kenapa empat Kecamatan yang dijadikan pilot project perekaman dokumen kependudukan baik berupa KTP, KIA, Akte layaknya layanan di Disdukcapil Sangatta

“Karena pertimbangannya empat kecamatan tersebut memiliki alat yang masih bagus, jaringan juga sudah terpasang, makanya mereka dipilih untuk dijadikan pilot project perekaman dan lain sebagainya ,” ujar Sulastin.

Untuk saat ini terkait KTP proses pencetakan masih berada di ibukota Kabupaten,sedangkan Kecamatan yang lain prosesnya masih di perekaman saja,dengan digelarnya bimtek peningkatan SDM pelayanan tersebut, kedapannya pegawai dikecamatan juga dapat melakukan perekaman dan pencetakan KTP dan yang liannya,agar bisa menghenat waktu dan biaya masyarakat yang jauh untuk merekam dan mencetak KTP Disdukcapil (Adv/Rb.07)

Comment here