BeritaBerita PilihanKutai TimurPendidikanSeni & Budaya

Melalui RBE Bupati Berpesan Jangan Abaikan Kearifan Lokal

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Memiliki berbagai potensi yang besar dan beragam, Kabupaten Kutai Timur diyakini bakal mampu bersaing, dan terus dikenal hingga level nasional. Kekayaan alam yang melimpah, topografi yang beragam, geografis yang luas, hingga berbagai kultur sejarah budaya.

Dalam diskusi Rembuk Budaya Etam (RBE) 2021 yang digelar Dinas Kebudayaan Kutim, Bupati Kutim Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M. Si mengatakan agar RBE dapat menjadi ruang yang terbuka bagi seluruh stakeholder, untuk berekspresi dan berkolaborasi. Mengawal satu misi untuk kemajuan kebudayaan di Daerah khususnya Kutai Timur. Hal tersebut disampaikan Bupati melalui virtual meeting,p di Ruang Kerjanya, Senin (8/11/2021).

“Ekspresi seni dan budaya Kutim dan Indonesia umumnya, jangan sampai tergeser dengan budaya-budaya asing, apalagi budaya luar belum tentu cocok dengan jati diri bangsa, jadi jangan abaikan kearifan lokal,” ucapnya.

Ardiansyah meminta masyarakat memastikan kebudayaan Kutim menjadi sumber kekuatan, sumber persatuan, sumber energi daerah dalam memenangkan persaingan global.

Sementara itu Sekertaris Dinas Kebudayaan Rodiansyah menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan inovasi dari program aksi perubahan Kepala Sub Bagian Perencanaan Program Dinas Kebudayaan Padliansyah.

RBE merupakan wadah bagi para pemerhati kebudayaan lokal untuk bisa memberikan ide pemikiran, serta gagasan yang membangun. “Sehingga kebudayaan yang ada di kutai Timur terus tumbuh dan berkembang,” jelasnya.

Dalam diskusi RBE 2021 yang digelar Dinas Kebudayaan Kutim tersebut menghadirkan Hamdhani, budayawan Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai narasumber. (Rb.05R)

Comment here