Tak Dibayar-bayar, Muksin cs Pasang Plang di Empat Kantor

IMG 20200123 WA0050

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Kesabaran Muksin yang dikuasakan pada sang anak Ogi Raharto dan kawan-kawannya, dalam menantikan kejelasan pembayaran ganti rugi lahan seluas sekitar 11 hektar di kawasan pemerintahan Bukit Pelangi, agaknya mulai habis.

Setelah aksi penyegelan pintu kantor Dinas Pengendalian Lahan dan Tata Ruang (PLTR), Agustus 2019 lalu, Kamis (23/1/2020), mereka memasang plang bertuliskan PEMBERITAHUAN LAHAN INI MILIK BPK MUKSIN UKURAN ± 11 HA BELUM MENERIMA GANTI RUGI LAHAN TERSEBUT. Pemasangan dilakukan Ogi bersama teman-temannya sebanyak 10 orang di empat kantor pemerintahan. Yakni, Dinas Pengendalian Lahan dan Tata Ruang (PLTR), Dinas Pertanian, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah serta Kantor Kejaksaan Negeri Sangatta.

IMG 20200123 WA0049

“Komunikasi sudah kami lakukan. Upaya untuk menanti kejelasan pembayaran lahan oleh pemerintah juga sudah kami lakukan. Sampai terakhir, kami lakukan penyegelan kantor. Tapi tidak kunjung terselesaikan. Padahal, masalah ini sudah bergulir sejak 2001 lalu,” ungkap Ogi.

Plang itu, menurut Ogi, untuk mendapat tanggapan dari pemerintah terkait penyelesaian klaim lahan milik Muksin seluas sekitar 11 hektar. Ia berharap permasalahan ganti rugi lahan tidak terus berlarut.

Untuk diketahui, permasalahan lahan antara pemerintah Kabupaten Kutai Timur, belakangan terus mencuat. Selain tuntutan sisa pembayaran ganti rugi lahan yang digunakan untuk proyek pembangunan jalan, ganti rugi terhadap lahan yang kini sudah berdiri kantor pemerintahan pun ikut meramaikan permasalahan lahan.

Sepanjang 2019 saja, sempat terjadi penyegelan kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim oleh kelompok tani hingga menyebabkan para pegawai terpaksa apel di jalanan. Tak hanya itu, gedung Puskesmas Sangatta Utara juga sempat dipasangi spanduk berisi permintaan pembayaran. Disusul gedung PMI Kutim yang diminta untuk dikosongkan hingga akhirnya layanan dipindah ke sebuah gedung di road 9, Kecamatan Sangatta Utara.(rb04/10)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *