Kutim Dapat Bankeu untuk Bangun Menara Telekomunikasi di Tiga Kecamatan

IMG 20200103 WA0015

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Tahun 2020 ini, Kabupaten Kutai Timur mendapat bantuan keuangan untuk pembangunan tiga menara telekomunikasi di tiga kecamatan yang saat ini masih menjadi blankspot area. Yakni, Kecamatan Sandaran, Batu Ampar dan Busang.

Menurut rencana, tiga menara telekomunikasi tersebut akan dibangun di Desa Manubar, Kecamatan Sandaran,Desa Rantau Sentosa di Kecamatan Busang dan di Desa Beno Harapan, Kecamatan Batu Ampar. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik Kabupaten Kutai Timur, Ir Suprihanto CES melalui Sekretaris Dinas, Ronny Bonar Siburian, jelang penutupan tahun 2019 lalu.

“Pembangunan menara telekomunikasi tersebut, bisa menjadi pencerah bagi warga setempat yang selama ini belum menikmati akses telekomunikasi. Kelak, hubungan antar kecamatan dan desa setempat bisa terjangkau dengan komunikasi seluler,” kata Ronny.

Gerakan pembangunan jaringan telekomunikasi di wilayah Kutai Timur terus digenjot Pemerintah melalui Diskominfo Perstik Kutim. Karena, sampai saat ini dari 139 desa dan dua kelurahan masih ada 61 desa di 18 kecamatan yang blankspot. Dari jumlah itu, tiga kecamatan masih belum terjangkau jaringan seluler.

“Rencana sesuai bankeu, ada tiga tower yang akan dibangun di tiga kecamatan yang sampai saat ini masih blankspot. Bahkan, kecamatan setempat sudah siap memberikan lahannya,” ungkapnya.

Hanya saja, lanjut Ronny, untuk bankeu, biasanya, hanya mendapat bantuan pembangunan menara saja. Sementara fasilitas pendukungnya, seperti genset dan jaringan telekomunikasi harus disiapkan Pemkab Kutim. Dana dampingan untuk itu, belum dianggarkan oleh pemerintah.

“Bankeu ini, bantuan pembangunan menaranya saja. Untuk sampai mendapat jaringan telekomunikasi, kita harus koordinasi dengan provider. Kalau provider, tentu mereka yang akan menentukan koordinat lokasi tower tersebut. Karena ini berkaitan dengan provit perusahaan provider juga,” ujar Ronny.(rb04)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *