BeritaKutai TimurOlahraga

Tarung Derajat Kutim Datangkan Pelatih Nasional ke Kaubun

 

RUMAHKARYABERSAMA.COM, KAUBUN – Di sela kesibukannya, Wakil Bupati Kutai Timur H Kasmidi Bulang ST MM membuka gelaran latihan gabungan olahraga Tarung Derajat di Desa Kadungan Jaya, Kecamatan Kaubun, Sabtu (7/12/2019).

Latihan gabungan yang sengaja menghadirkan pelatih nasional dari Jawa Barat ini, digelar di SMPN 2 Kaubun, dan diikuti puluhan pelajar yang selama ini aktif di olahraga bela diri tersebut. Dengan harapan, menjadi motivasi sekaligus merangsang minat anak-anak di Desa Kaubun untuk giat berlatih.

“Jauh-jauh pelatih nasional bisa hadir sampai ke Kaubun, sungguh luar biasa. Artinya, olahraga Tarung Derajat bisa berkembang dengan baik atas usaha kita bersama untuk terus meningkatkan prestasi. Karena, patut kita ketahui, Tarung Derajat, adalah penyumbang medali emas terbanyak saat Porprov Kaltim lalu. Salah satu olahraga yang membawa Kutim meraih predikat Juara Umum,” ungkap Kasmidi yang juga pembina olahraga Tarung Derajat.

Beranjak dari prestasi yang terus berkembang, ditambah lagi dalam Prapon lalu, mewakili Kaltim atlet asal Kutim menjadi salah satu yang terpilih, Kasmidi ingi mengembangkan olahraga Tarung Derajat ke seluruh kecamatan-kecamatan se Kutim.

“Saya sangat berterima kasih pada orang tua yang sudah mengizinkan anak-anaknya untuk berkecimpung di olahraga Tarung Derajat. Karena olahraga ini, tak hanya untuk meraih prestasi, tapi juga bagaimana bisa mempertahankan diri. Bukan diajarkan untuk berkelahi. Tapi untuk kemampuan mempertahankan diri. Apalagi, olahraga ini dikembangkan oleh orang asli Indonesia, dari Jawa Barat,” kata Kasmidi.
Kegiatan ini, juga dirangkaikan dengan bakti sosial oleh perguruan cabang Tarung Derajat Kutim pada masyarakat yang membutuhkan di Desa Kadungan Jaya. Serta acara perkemahan Sabtu Minggu oleh Pramuka SMP Negeri 2 Kaubun.

“Pramuka Kutim, penyumbang panji keberhasilan kabupaten dalam dua tahun belakangan ini. Selain itu, Pramuka Kutim sudah dua tahun menjadi juara terbaik Kaltim,” ujar Kasmidi.

Sebelumnya, dalam laporan Ketua Umum Tarung Derajat, Misbahul mengatakan ingin mengenalkan dan mengembangkan olahraga asli Indonesia yang diciptakan dari sang guru di Jawa Barat. “Kegiatan kami selain latihan bersama, yang akan dikembangkan di semua kecamatan. Sekaligus menggelar bakti sosial untuk saling berbagi. Pesan saya, pada adik-adik yang hari ini menjalani ujian naik tingkat, semoga ke depan bisa berlatih lebih giat lagi,” ujar Misbah.(rb03)

Comment here