Berita PilihanKutai TimurScience

Buka Bursa Inovasi Desa, Wabup Minta Desa Lebih Kreatif

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Ditandai dengan pemukulan gong, Wakil Bupati Kutai Timur H Kasmidi Bulang ST MM membuka kegiatan tahunan, Bursa Inovasi Desa (BID) yang digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Sangatta Utara, Rabu (17/7/2019).

Kegiatan yang diikuti perwakilan desa di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, merupakan bagian dari Program Inovasi Desa (PID). Targetnya untuk meningkatkan kapasitas, menggali dan mempromosikan kegiatan kreatif dan inovatif di masing-masing desa, mengawal komitmen pemerintah desa untuk melaksanakan komitmen inovasi dan melakukan capturing dan reflikasi atas inovasi yang telah dilakukan pemerintah desa.

Bursa inovasi desa, menurut Kasmidi dilaksanakan di 18 kecamatan se Kutim. “Pemkab Kutim sangat konsen mengawal pembangunan dan pemberdayaan di desa dengan meniktikberatkan pada Gerakan Pembangunan Desa Mandiri dan Terpadu (Gerbang Desa Madu). Untuk itu, inovasi sangat penting dalam menggerakkan perekonomian di desa,” ujar Kasmidi.

Di Kutim, salah satu hasil inovasi desa yang sempat mendapat penghargaan di tingkat nasional adalah pemanfaatan aliran sungai oleh Desa Tepian Terap untuk menghasilkan energy listrik yang bisa dimanfaatkan penduduk desa. Hingga sekarang, inovasi tersebut masih terus dikembangkan, agar bisa dinikmati penduduk desa tetangga juga.

“Inovasi desa diharapkan bisa mendorong produktifitas dan ekonomi desa. Langsung menyentuh program dana desa agar lebih efektif di 2020 mendatang. Jangan sampai program bagus, inovasi bagus, produk bagus, tapi tidak diimplementasikan di desa,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Suwandi.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*4)

Comment here