KAM Mentari Batu Timbau Wakili Kutim ke Provinsi

IMG 20190326 WA0004

IMG 20190326 WA0004

RUMAHKARYABERSAMA.COM, BATU AMPAR – Kelompok Asuhan Mandiri (KAM) Mentari Desa Batu Timbau Kecamatan Batu Ampar meraih juara I tingkat Kabupaten Kutai Timur dalam ajang lomba pemanfaatan lomba pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Prestasi tersebut membawa Kelompok Asuhan Mandiri Mentari mewakili Kabupaten Kutai Timur untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

IMG 20190326 WA0005

Kegiatan Pemanfaatan TOGA dan Akupresur telah dijalankan di Kecamatan Batu Ampar sejak setahun lalu dan semakin digalakkan pada tahun 2019 ini, pada 18 Kelompok Asuhan Mandiri yang tersebar di tujuh desa.

Kegiatan kelompok tersebut dijalankan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2016 tentang Upaya Pengembangan Kesehatan Tradisional melalui Asuhan Mandiri Pemanfaatan Taman Obat Keluarga dan Keterampilan.

“Desa Batu Timbau merupakan salah satu desa di Kecamatan Batu Ampar yang penduduknya berasal dari berbagai suku. Perbedaan tersebut memberikan keberagaman dalam banyak aspek, salah satunya adalah jenis ramuan obat tradisional yang digunakan,” ungkap Camat Batu Ampar, Yuriansyah T S Sos M Si.

Keberadaan Kelompok Asuhan Mandiri terutama Kelompok Asuhan Mandiri Mentari telah membantu masyarakat , menjaga kesehatan secara mandiri. Sekaligus melestarikan resep ramuan obat tradisional Suku Kutai yang telah digunakan secara empiris.

β€œPemanfaatan pekarangan rumah untuk TOGA merupakan bagian dari peningkatan nilai estetika Desa Batu Timbau. Selain itu, penggunaan bumbu dapur dari hasil TOGA, turut membantu pemenuhan gizi keluarga. Khususnya pada usia lanjut,” kata Ketua TP PKK Kecamatan Batu Ampar, Siti Faridah Eka.

Senada Kepala UPT Puskesmas Batu Ampar, dr Bustaman Bakhtiar mengatakan bahwa pemanfaatan TOGA telah digalakkan di Kecamatan Batu Ampar, khususnya Desa Batu Timbau melalui kelompok – kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional. Kegiatan ini terbukti membantu upaya promotif dan preventif puskesmas, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat setinggi – tingginya di wilayah kerja UPT Puskesmas Batu Ampar.(rb05)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *