Ratusan Barang Bukti Perkara Pidum Dimusnahkan

IMG 20181127 WA0053

SANGATTA – Puluhan barang bukti perkara pidana umum kembali dimusnahkan jajaran Kejaksaan Negeri Sangatta, Rabu (27/11/2018). Barang bukti yang dimusnahkan, cukup beragam. Mulai dari narkotika dan obat terlarang, senjata tajam, serta barang ilegal lainnya yang dalam putusan pengadilan, disita untuk dimusnahkan.

Dari puluhan jenis barang bukti yang dimusnahkan, Kajari Kutim, Mulyadi mengatakan barang bukti kasus narkoba yang paling mendominasi. Yakni sabu dan pil koplo. “Sabu yang dimusnahkan kali ini saja, ada 280,84 gram,” kata Mulyadi.

Barang bukti tersebut, menurut Mulyadi dihimpun sejak Januari hingga Oktober 2018. Ada 84 perkara yang sudah mendapatkan kekuatan hukum tetap dari Pengadilan Negeri Sangatta. Barang bukti dari 84 perkara itulah yang dimusnahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM yang juga Ketua BNK Kutim memimpin prosesi pemusnahan. Mulai dari produk yang hancur dengan proses pemanasan atau dibakar, serta narkoba yang dilarutkan dalam air kemudian dibuang ke septic tank.

“Barang bukti tidak hanya dari perkara-perkara di Sangatta saja. Tapi hasil pengungkapan kasus dari sejumlah kecamatan di Kutai Timur. Namun, memang dari seluruh barang bukti yang dimusnahkan, narkotika dan obat terlarang masih mendominasi. Sabu saja ada 280,84 gram ,” ungkap Mulyadi.

Senada, Wabup Kasmidi Bulang yang juga Ketua BNK Kutim mengaku miris dengan melihat banyaknya barang bukti narkoba yang disita dan dimusnahkan. “Kami akan lebih aktif, terutama pembinaan ke organisasi kepemudaan supaya fokus pada kegiatan positif,” ujar Kasmidi.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *