SANGATTA – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melaunching Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan Administrasi Kepegawaian (AKU) secara terpadu. Launching dilakukan oleh Sekda Drs H Irawansyah MSi didampingi Kepala BKPP Kutim, Zainuddin Aspan, di ruang Meranti, Rabu (28/11/2018).

Irawansyah mengatakan dengan berkembangnya jaman perubahan dan dinamika masyarakat yang semakin ketat, teknologi informasi adalah salah satu produk teknologi yang dapat memudahkan dalam mengolah data dan menyajikan informasi yang berkualitas, tepat dan akurat.

“Teknologi pada era gelobalisasi sangat berperan penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari baik dalam dunia pendidikan, hiburan, pemerintah dan lain sebagainya. Begitu juga dalam sektor pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah melahirkan model pelayanan publik yang dilakukan melalui elektronik government (E-Government),” kata Irawansyah.

Selain itu, Kabupaten Kutim yang cukup luas mengharuskan ASN menyebar hingga ke 18 kecamatan. Jarak dan waktu tempuh antara ibukota kabupaten ke kecamatan pun memakan waktu lama. Hal ini menjadi tantangan bagi BKPP Kutim dalam mengelola pendataan pegawai, perubahan data, penggajihan, penilaian, promosi, perpindahan, kesejahteraan, penghargaan dan sistem kepegawaian yang tepat dan akurat.

“Hadirnya SIM –AKU, untuk meningkatkan integrasi website di BKPP kutim sekaligus untuk membangun ketersediaan dan kepemilikan data PNS terhadap data kepegawaian yang digunakan sebagai dasar pengembangan aplikasi serta dapat memberikan informasi yang valid terkait data PNS,” ujar Zainuddin.(*)

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!