SANGATTA – Sebuah monumen tambang segera dibangun untuk menjadi salah satu icon di Sangatta, sebagai kota tambang. Rencana pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Kutim, Ir H Ismunandar MT, Wabup H Kasmidi Bulang ST MM, COO PT KPC, Muhammad Rudi dan Sekda Drs H Irawansyah M Si di area folder Ilham Maulana, Jumat (12/10/2018).

Monumen persembahan Perhimpunan Ahli Tambang Indonesia (Perhapi) Kutai Timur bersama PT Kaltim Prima Coal (KPC),akan menjadi alternatif wisata dan edukasi bagi warga Kutim. Karena selain lokasinya yang memang di area wisata folder, di monumen tambang juga akan diletakkan satu unit off highway truck merek Liebherr T 282 seberat 363 ton.

Dengan begitu, masyarakat bisa melihat dari dekat peralatan yang beroperasi di pertambangan milik PT KPC dan bisa menjadi wahana edukasi bagi para pelajar Sangatta, maupun kecamatan lain di Kutim. Karena, tidak semua warga meski berada di Sangatta, pernah melihat dari dekat unit di kawasan pertambangan.

“Kehadiran unit besar untuk ditaruh di lokasi folder dan bisa dilihat dari dekat oleh masyarakat, menjadi cikal bakal hadirnya sebuah museum tambang yang lengkap. Ini persembahan PT KPC selaku perusahaan yang beroperasional di Kutim, dan teman-teman dari Perhapi Kutim untuk masyarakat tepat di HUT ke 19,” kata Ismunandar.

Ismunandar berharap, monumen tambang sudah rampung sebelum gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur, Desember mendatang. (*)

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!