Golput di kutim capai 52 persen

LogoLicious 20180708 193031

LogoLicious 20180708 193031SANGATTA – Tingkat partisipan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur di Kabupaten Kutai Timur, belum lama ini terbilang sangat rendah. Jumlah warga yang ikut memilih tidak sampai 50 persen atau Golongan Putih (Golput) justru menjadi pemenangnya dengan persentasi hingga 52 persen.

Angka tersebut diperoleh dari jumlah pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sebanyak 214.348 pemilih, namun yang ikut berpartisipasi berdasarkan surat suara yang terserap saat pencoblosan, hanya mencapai 103.055 suara. Dengan surat suara sah sebanyak 100.963 lembar dan surat suara tidak sah 2.092 lembar.

Padahal, KPUD Kutai Timur sudah berupaya mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi tersebut. Termasuk jajaran kepolisian dan Pemerintah Daerah Kutim. Dengan menggelar beragam kegiatan yang langsung menyentuh pada para pemilih.

Ketua KPUD Kutai Timur, Fahmi Idris mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi angka golput menjadi tinggi di Kutai Timur. Yang pertama, dikarenakan bertepatan dengan momen lebaran, banyak masyarakat masih mudik, karena seperti di ketahui masyarakat Kutai Timur sebagian besar pendatang.

β€œPagelaran piala dunia juga mempengaruhi tingkat partisipasi, dikarenakan banyak masyarakat yang bergadang untuk menonton. Sehingga pada pagi harinya tidak sempat ke TPS. Ditambah lagi, saat hari pemilihan, cuaca di Kutai Timur hampir keseluruhan wilayah hujan hingga siang hari. Sehingga banyak dari masyarakat yang urung ke TPS. Berbagai hal tersebutlah yang diperkirakan menjadi faktor kurangnya partisipasi masyarakat,” ujar Fahmi.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *