Usai Evaluasi Tahap II Diskominfosp Kutai Timur Gelar Sosialisasi Program Menuju Kota Cerdas

IMG 20231126 WA0003

rumahkaryabersama.com. Usai Evaluasi Tahap II Diskominfosp Kutai Timur Gelar Sosialisasi Program Menuju Kota Cerdas – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian menggelar sosialisasi program menuju kota cerdas atau lebih dikenal dengan smart city. Sosialisasi bertujuan agar program OPD bisa saling terintegrasi 

Dibuka oleh Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pamenkesra ) Setkab Kutim Poniso Suryo Renggono didampingi Sekretaris Diskominfosp Rasyid dan Kepala Bidang Aptika yang bertempat di Hotel Royal Victoria Sangatta. Rabu (22/11/23)

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Asisten Pemenkesra Poniso menyampaikan konsep program menuju smart city merupakan pembangunan yang berkelanjutan, dan memiliki daya saing, serta selalu meluncurkan inovasi agar masyarakat lebih aman, nyaman, mudah, sehat dan makmur.

“Yang tentu saja didukung oleh kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi sehingga dapat memperbaiki kinerja dan meningkatkan efisiensi.” ujarnya

Lebih lanjut dirinya menyebut, agar program smart city bisa sesuai dengan yang diharapkan, perlunya peningkatan keterampilan dan profesionalitas pegawai yang ditugasi dalam menangani smart city.

“Smart city tidak hanya selalu soal penggunaan teknologi, atau pembangunan fisik semata, yang lebih penting adalah bagaimana dapat membangun pola pikir, sikap dan karakter masyarakat yang lebih baik” jelasnya

Selain itu Poniso juga menyebutkan, penggunaan teknologi informasi di berbagai aspek, diharapkan akan meningkatkan efektifitas dan efisien dalam berbagai proses. mewujudkan konsep smart city ini membutuhkan waktu yang tidaklah singkat. Sehingga membutuhkan keseriusan dan usaha yang gigih oleh setiap elemen, baik pemerintahan dan masyarakat.

“Melalui smart city, akan terjadi sinkronisasi dan sinergi perencanaan, sehingga akan lebih cepat mendorong proses pengembangan smart city yang efisien dan efektif di kabupaten Kutai Timur,” pungkasnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan oleh Diskominfosp Kutai Timur yaitu Sekretaris Diskominfo Kota Samarinda Suparmin, yang merupakan mantan Kepala Bidang Aptika

Usai Evaluasi Tahap II Diskominfosp Kutai Timur Gelar Sosialisasi Program Menuju Kota Cerdas

Sementara itu sebelumnya Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Diskominfosp Kutim Diar Fauzi Wiranata menyampaikan, Sosialisasi merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Masih terdapat beberapa perbaikan yang disampaikan oleh para assesor yang harus di penuhi, selain itu review terkait evaluasi juga telah dilaksanakan yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan hasil evaluasi dengan melakukan penyampaian dokumen,”ujarnya.

Terakhir dirinya juga menyampaikan, diperlukan pengembangan master plan Smart City Kabupaten Kutai Timur untuk tahun 2022-2027, sehingga dapat tercapai program pembangunan yang inovatif, dan berkelanjutan, sehingga Kabupaten Kutai Timur dapat menjadi daerah yang lebih inovatif dengan program Smart City yang berkelanjutan.

Pos terkait