Ketua DPRD Ikut Panen Benih Padi Sawah Di Desa Sangatta Selatan, Ini Harapannya

IMG 20240423 WA0010

rumahkaryabersama.com. Ketua DPRD Ikut Panen Benih Padi Sawah Di Desa Sangatta Selatan, Ini Harapannya – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur, Joni, mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi yang besar dapat hadir dalam acara Panen Benih Padi Sawah yang merupakan kerjasama Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Peternakan (TPHP) .

Ketua DPRD berikan apresiasi yang tinggi terhadap langkah inovatif yang diambil oleh Poktan Umbut Aren. Persawahan yang sebelumnya digunakan untuk tanaman aren kini telah bermetamorfosis menjadi sebuah penangkaran bibit padi sawah. Langkah ini diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Kutim melalui Dinas TPHP Kutim.

Bacaan Lainnya

“Saya sangat berterima kasih atas undangan ini dan merasa terhormat dapat melihat langsung hasil kerjasama yang berbuah manis. Ini adalah bukti nyata bahwa dengan kerjasama yang baik, kita bisa mencapai hasil yang lebih besar,” ucap Joni usai mengikuti rangkaian panen di Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan, Senin (22/04/2024).

Ia mengungkapkan, produksi pertanian di daerah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni dari 3 ton menjadi 4,8 ton. Peningkatan ini disebabkan oleh kerja keras para petani dan dukungan intensif dari dinas terkait.

“Keberhasilan ini adalah hasil dari ketekunan para petani dan dinas terkait melalui pembinaannya. Kami berharap keberhasilan ini dapat terus terjaga dan bahkan ditingkatkan di masa mendatang,” ujar Joni.

Lebih lanjut, Joni juga membahas tentang sinergi antara komandan distrik militer (Dandim) Kutim dan Dinas Pertanian. Menurutnya, program yang diinisiasi oleh Dandim, seperti pengembangan infrastruktur pengairan dan pembangunan jembatan untuk agrowisata, sangat mendukung kegiatan pertanian.

Ketua DPRD Ikut Panen Benih Padi Sawah Di Desa Sangatta Selatan, Ini Harapannya

“Kita berharap program ini memiliki kesinambungan yang baik dengan kebutuhan dari Dinas Pertanian,” tambahnya.

Selain itu, Joni menekankan peran serta DPRD Kutim dalam mendukung kebutuhan dasar para petani melalui dana aspirasi, termasuk penyediaan pupuk dan tangki semprot, yang diharapkan dapat bermanfaat bagi para kelompok tani.

“Kami mendorong Dinas terkait untuk melakukan pengadaan alat pertanian yang lebih canggih, karena dana aspirasi hanya mencakup skala kecil saja. Kami para anggota DPRD hanya sebagai PL saja, hanya dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar para petani,” pungkas Joni.

Pos terkait