Peringatan Hari Buruh Sedunia di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

IMG 20240502 WA0006

rumahkaryabersama.com. Peringatan Hari Buruh Sedunia di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif – Tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Ternyata, Hari Buruh didasarkan pada sejarah yang berkaitan dengan perjuangan para pekerja/buruh dalam memperoleh hak-hak mereka. Hari Buruh menjadi bentuk penghormatan kepada para pekerja/buruh yang telah berjuang keras dan berkontribusi.

Bacaan Lainnya

Peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day) Tahun 2024 merupakan momentum bagi seluruh pekerja untuk lebih produktif dalam berkarya. Hal itu dapat dilakukan dengan terus meningkatkan prasyarat utama para pekerja agar kinerjanya semakin berkualitas.

Mengambil tema “Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh Kompeten”, jalannya peringatan Hari Buruh Sedunia atau akrab disebut May Day di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) berjalan dengan aksi damai dan meriah.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Forum Serikat Pekerja/Buruh se-Kabupaten Kutim bekerja sama dengan Pemkab Kutim melalui Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) dan dipusatkan area Lapangan Polder Ilham Maulana, Rabu (1/5/2024).

Hadir dalam undangan ini yakni Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wabup Kutim Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Kapolres Kutim AKBP Ronni Bonic, Kepala Distransnaker Kutim Roma Malau, Ketua DPC Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan Minyak Gas Bumi dan Umum (FSPKEP) Kutim Basti Sangga Langi, hingga jajaran ketua dari Serikat Pekerja mulai dari KSPI, SPSI, SPN, SBSI dan Hukatan.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan di momen Hari Buruh Sedunia ini bersama pemerintah terus kompak dan bergandengan tangan. Karena buruh adalah duta ekonomi bangsa, buruh bisa Jadi duta ekonomi bangsa.

Ia menegaskan bahwa pihaknya, telah melaksanakan salah satu daftar tunggu turunan peraturan daerah yakni dalam peraturan bupati (Perbup) terkait ketenaga kerjaan.

“Perbup sudah ada sekarang karena saya minta Distransnaker mengawalnya.Terkait tuntutan buruh terhadap akses kesehatan hingga upah yang layak sudah kita akomodir,” kata Bupati.

Sebagai contohnya, ungkap Bupati Distransnaker Kutim telah menyelesaikan data BPJS Ketenagakerjaan untuk 45 ribu tenaga kerja di Kutim yang sebelumnya belum bisa diakomodir oleh perusahaan masing-masing pekerja. ” Ini bukti nyata pemerintah daerah mensejahterakan buruh,” tegas Bupati Ardiansyah.

Lebih lanjut Ardiansyah mengatakan, Pemkab Kutim terus terbuka dan siap membicarakan apa saja mengenai program buruh. Bahwa pemerintah sudah mendeklarasikan untuk menaungi terkait pekerja karena sudah tertuang dalam Perbup hingga SK manfaat BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Kutim terus mengembangkan kesempatan kerja bagi masyarakat Kutim lewat Perda yang sudah dibuat.

Sebelumnya, Ketua Panitia Perdana Putra menyampaikan 9 poin tuntutan dalam bentuk aksi damai.

“9 poin ini adalah berdasarkan hasil musyawarah Forum Serikat Pekerja se-Kabupaten Kutim dan selamat memperingati Hari Buruh Sedunia,” ucap Perdana Putra.

Tuntutan tersebut diantaranya mencabut Omnibus Law – UU Cipta Kerja khususnya klister ketenagakerjaan, menghapus Outsourcing dan tolak upah murah, tolak kenaikan pajak nasional yang saat ini skema perhitungan pajak yang baru untuk potongan pajak atas penghasilan individu sangat tinggi, mempercepat penyusunan dan pengesahan Perbup Kutim Ketenagakerjaan.

Peringatan Hari Buruh Sedunia di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

Berikutnya menghentikan kriminalisasi aktivis SP/SB, menginstruksikan semua perusahaan di Kutim harus menjalankan peraturan K3 sesuai dengan UU, KEPMEN, PERMEN dan persyaratan lainnya, menginstruksikan kepada seluruh perusahaan mengasuransikan buruh/pekerja dalam program BPJS sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, melalui program Jaminan Kesehatan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan.

Selanjutnya poin kedelapan melakukan audit ketenagakerjaan di semua perusahaan, dan terakhir menentukan pertumbuhan ekonomi Kutim setiap tahun.

Kegiatan ini turut dirangkai dengan hiburan mulai dari performance band dan DJ Lokal. Serta menyedikan berbagai hadiah menarik dalam door prize dari panitia pelaksana (panpel) seperti motor hingga motor listrik. (Adv/Diskominfosp)

Pos terkait