Penyerapan DD Rendah, Kutim Jadi Sorotan Kementerian

9333CCC6 7DD8 4337 A76E 4D4634B9B17E

RUMAHKARYABERSAMA.COM, SANGATTA – Rendahnya progres penyerapan Dana Desa (DD) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi sorotan di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang ST MM saat coffee morning pagi tadi di ruang Meranti Kantor Bupati Kutim yang juga dihadiri seluruh Camat dan Kepala SKPD, Senin (9/1/2019)

Dana desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa yang ditransfer melalui anggaran belanja daerah kabupaten/kota. Dana ini digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Karena DD tidak terserap dengan cepat, kemarin dua orang ditugaskan Kementerian langsung ke Kutim. Kutim merupakan salah satu daerah yang penyerapan dana DD nya sangat kecil dan itu semua terpantau langsung di ruang kerja Kementerian,” jelas Kasmidi.

Lebih lanjut Kasmidi berharap kepada beberapa desa yang belum menyerap dana desa, untuk di kumpulkan seluruh kepala desanya. Agar dilakukan pembahasan terkait permasalahan yang dihadapi dalam proses pencairan DD.

“Kepada SKPD yang terkait diharapkan untuk membantu dan tidak menghambat proses pencairana DD karena ini dimonitor langsung oleh pusat, dan ini juga merupakan bagian dari pembangunan di desa-desa. Berdasarkan data terdapat 71 desa yang belum mencairkan DD, untuk itu saya meminta untuk mengundang semua kepala desanya untuk menanggapi permasalahannya,” imbuhnya.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/*5)

Pos terkait