Pelajar SMA 1 Kaliorang Diajak Pupuk Wawasan Kebangsaan

IMG 20190306 WA0033 3
Wawasan kebangsaan yang dilakukan disekolah – sekolah oleh Kesbangpol

RUMAHKARYABERSAMA.COM, KALIORANG – Dalam upaya memperkokoh dan memelihara ketahanan bangsa, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang menyasar pelajar tingkat SMA. Sosialisasi kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa digelar di halaman SMA Negeri 1 Kecamatan Kaliorang , Rabu,(13/3/2019).

Di hadapan ratusan pelajar berseragam putih abu-abu, Kepala Kesbangpol Kutim, H Abdul Kadir S Sos M Si mengatakan Negara Indonesia meraih kemerdekaan bukan karena hanya satu suku, agama dan satu kelompok yang berbuat, akan tetapi dari berbagai perbedaan. Dengan semangat persatuan dan perjuangan serta tidak membeda-bedakan suku ras dan agama, maka Negara Indonesia bisa merdeka dan kemerdekaan itu bisa dirasakan hingga saat ini.

“Jika saya ingin ke Sulawesi tidak perlu belajar bahasa daerah , cukup memakai bahasa nasional sudah cukup dimengerti. Begitu pula jika ingin ke Pulau Jawa, cukup dengan bahasa Indonesia masyarakat di sana sudah dapat memahami,” ujar Kadir.

Pentingnya memahami arti wawasan kebangsaan adalah untuk mewujudkan kesatuan perilaku politik melalui pendidikan politik rakyat yang demokratis dan berbudaya,mewujudkan demokratisasi tatanan pemerintah yang mencerminkan good governance, dan sebagai perekat ketahanan bangsa.

“Wawasan Kebangsaan adalah sudut pandang yang mengandung kemampuan seseorang untuk memahami keberadaan jati dirinya sebagai suatu bangsa, dalam memandang dirinya dan tingkah laku sesuai falsafah hidup bangsa dalam lingkungan internal dan lingkungan eksternal,” ungkap Abdul Kadir. (advertorial/Kominfo Perstik Kutim/*5)

Pos terkait