DTPHP Pantau Jumlah Hewan Kurban di Kutim

IMG 20240615 WA0034

IMG 20240508 WA0034 1

rumahkaryabersama.com. DTPHP Pantau Jumlah Hewan Kurban di Kutim – Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) terus memantau perdagangan hewan kurban di Kutim. Itu dilakukan untuk mencegah adanya hewan kurban saat sakit.

Bacaan Lainnya

Mewakili Kepala DTPHP, Bidang Peternakan sekaligus Medik Veteriner Ahli Muda, drh Cut Meutia menyebut pada tahun 2024 ini, terjadi peningkatan jumlah hewan di penampungan..

Dia mengatakan, pihaknya telah mendatangi 10 Kecamatan di Kutai Timur untuk memantau kesehatan mereka. Selain itu, DTPHP juga mencatat jumlah hewan kurban yang ada di Kutim.

10 kecamatan yang ditinjau tersebut merupakan, Sangatta Utara dan Selatan, Teluk Pandan, Bengalon, Rantau Pulung, Muara Wahau, Kongbeng, Kaliorang, Long Mesangat, Muara Ancalong, dan Muara Bengkal.

Sementara, total jumlah ternak tersebut berasal dari 2.341 jumlah sapi, 2.035 Kambing, 9 Kerbau, dan 75 Domba. Meutia mengatakan peningkatan jumlah ternak tersebut bahkan mencapai 50 persen.

DTPHP Pantau Jumlah Hewan Kurban di Kutim

“Khususnya sapi dan kambing, karena tahun kemarin itu gak sampai dua ribuan, seribuan aja sapinya. Kambingnya juga begitu naik 2 kali lipat,” ungkapnya, Jumat (14/5/2024)

Dia berharap besarnya jumlah ternak tersebut bisa memenuhi kebutuhan hewan kurban masyarakat Kutai Timur.

Tak hanya itu, DTPHP juga bakal melakukan pengecekan pada daging kurban apakah layak dikonsumsi atau tidak. Ini juga dilakukan untuk mengantisipasi penularan penyakit hewan yang bisa menular ke manusia. (adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *