Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Wabup Kasmidi Bulang : Manfaatkan Bonus Demografi untuk Kemajuan Bangsa

0c4bb77f 7252 4095 a623 250e1cae01b8

IMG 20240508 WA0034 1
rumahkaryabersama.com. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Wabup Kasmidi Bulang : Manfaatkan Bonus Demografi untuk Kemajuan Bangsa – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional diperingati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) dengan khidmat, Senin (20/5/2024). Kegiatan itu dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Kutim, Kasmidi Bulang.

Pada kesempatan itu, Kasmidi Bulang membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia. Kasmidi mengatakan kebangkitan Nasional berawal dari sekelompok pemuda yang membentuk organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908.

Bacaan Lainnya

Organisasi kepemudaan yang diisi para dokter dan calon dokter itu kemudian berkembang. Mereka lalu menumbuhkan bibit untuk cita-cita kemerdekaan Indonesia.

“Apa yang digagas Budi Utomo dan para embrio bangsa kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai jembatan emas. Kemerdekaan dinyatakan Bung Karno sebuah jembatan emas yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri,” ungkap Kasmidi Bulang.

“Bung Karno juga menekankan di ujung jembatan emas akan selalu ada kemungkinan yang dapat membawa Indonesia menuju kebaikan atau sebaliknya dalam bahasa Bung Karno bahagia bersama atau menangis bersama,” sambungnya.

Kasmidi menjelaskan, Bung Karno ingin mengingatkan pentingnya momen agar mengambil keputusan yang tepat dan cermat untuk membawa pada jalan yang mengarah kepada kebaikan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Hari ini kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang terus dirintis lebih dari seabad yang lalu, kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru,” jelasnya.

“Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru. Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita. Serta menjadi bagian dalam peradaban sampai dengan hari ini. Inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner,” sambungnya.

Kasmidi memaparkan, zaman sekarang kemajuan teknologi semakin pesat. Bahkan setiap masalah, dapat diselesaikan dengan teknologi. Dia juga menyebutkan, siapa yang menguasai teknologi, maka dia dapat menguasai peradaban.

“Di titik ini gambaran yang makin jelas. Penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia emas. Inovasi teknologi digital bertumbuh setiap hari kecepatannya bak lompatan kuantum dalam dua dekade terakhir,” tuturnya.

“Perubahannya demikian pesat. Teknologi digital misalnya telah melesat jauh melampaui bayangan banyak orang. Tak terbayangkan dalam 3 dekade yang lalu bahwa hari ini akan seperti itu. Teknologi digital telah menebas banyak keterbatasan manusia,” sambungnya.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Wabup Kasmidi Bulang : Manfaatkan Bonus Demografi untuk Kemajuan Bangsa

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, Kasmidi Bulang mengatakan ini adalah peluang bagi masyarakat Indonesia. Sebab, menurutnya Indonesia memiliki potensi sumberdaya manusia yang melimpah.

“Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60 persen penduduk Indonesia dalam 2 dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi baru bagi kemajuan teknologi dan tumbuhnya ekonomi sebagaimana telah berkali kali dinyatakan bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

“Peluang kita menjadi negara maju. Ada dalam 10 hingga 15 tahun ke depan dengan memaksimalkan bonus demografi. Presiden juga menekankan bagaimana kita di dalam sejarah peradaban negara dan bangsa. Kesempatan itu hanya datang satu kali,” tandasnya. (adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *