Dewan Tekankan Akan Pentingnya Master Plan di Setiap Kecamata

IMG 20240520 WA0010

rumahkaryabersama.com. Dewan Tekankan Akan Pentingnya Master Plan di Setiap Kecamatan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim) mendorong agar pemerintah daerah memiliki master plan di setiap kecamatan yang ada.

Karena Master plan, atau rencana induk memiliki fungsi yang sangat penting dan strategis dalam setiap proses pembangunan. Hal itu di sampaikan oleh anggota DPRD Kutim Jimmy.

Bacaan Lainnya

“Master plan bagi setiap kecamatan itu kan sangat penting, sebagai acuan pembangunan kedepan,” ujarnya mengawali obrolan.

Selain itu, fungsi dari Master plan, menurut Politisi dari PKS ini, juga bisa menjadi dasar yang kuat untuk memisahkan antara wilayah pemukiman masyarakat dengan lahan yang akan di manfaatkan oleh swasta (perusahaan) untuk kegiatan usahanya. Sehingga bisa meminimalisir persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Dewan Tekankan Akan Pentingnya Master Plan di Setiap Kecamata

“Karena selama ini misalnya ada unit usaha yang beroperasi, ada masyarakat yang di gusur, termasuk lahan pertanian mereka yang juga terdampak. Nah, adanya master plan itu, salah satunya bertujuan untuk mempertahankan zona-zona itu,” ucap Jimmy.

Pentingnya menyusun master plan bagi setiap kecamatan, menurut Jimmy, sebagai upaya mempertahankan wilayah yang menjadi dasar dalam pengembangan dan pertumbuhan suatu wilayah yang mencakup berbagai elemen, seperti tata guna lahan, transportasi, lingkungan, termasuk infrastruktur.

“Kita pengen kepastian jangka panjang bagi masyarakat, terutama teritori wilayah pemukiman, pertanian dan pusat ekonomi semestinya sudah permanen, artinya sudah tidak boleh lagi ada perusahaan tambang atau perkebunan yang masuk ke wilayah tersebut,” pungkasnya. (Adv/dprd/5/Wa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *