Sangatta Selatan Jadi Sentra Penyedia Bibit Beni Padi di Kutim

IMG 20240423 WA0009

WhatsApp Image 2024 04 01 at 7.03.05 AM

rumahkaryabersama.com. Sangatta Selatan Jadi Sentra Penyedia Bibit Beni Padi di Kutim – Meskipun di sebagian besar wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) belum memasuki musim panen, namun para petani di Kecamatan Sangatta selatan justru telah memulai panen padi. 

Seperti yang ada di Desa Sangatta Selatan, Kecamatan Sangatta Selatan, para petani yang tergabung dalam kelompok tani Umbut Aren mulai memanen tanaman padinya, Senin, (22/4/2024).

Bupati Ardiansyah Sulaiman pun hadir langsung bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Peternakan (DTPHP) Kutim Dyah Ratnaningrum untuk mengikuti kegiatan panen perdana yang lokasinya tidak jauh dari Kantor Kecamatan Sangatta Selatan itu.

Sejumlah pejabat dari PT Pertamina EP Sangatta juga ikut melakukan panen perdana bersama. Pasalnya lahan sawah yang dipanen letaknya tidak jauh dari perusahaan milik BUMN yang bergerak di sektor energi dan migas tersebut.

Selain itu juga tampak hadir para undangan lainnya, antara lain Ketua DPRD H Joni, Ketua TP-PKK Kutim Siti Robiah, Dandim 0909/Ktm Letkol Inf Ginanjar Wahyutomo, Camat Sangatta Selatan Abbas, Lukas Tri Wandoyo dari manajemen Pertamina EP Sangatta, Kepala Balai P2 Sangatta Selatan Solehuddin dan para undangan lainnya.

Dalam upaya pengembangan benih padi, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Peternakan (DTPHP) Kutim Dyah Ratnaningrum, menegaskan bahwa saatnya Kutim memproduksi benih padi sendiri, tanpa perlu bergantung pada pasokan dari pusat.

“Dengan penangkaran benih, kita bisa memastikan ketersediaan benih yang berkualitas sesuai dengan tujuan prioritas Bupati Kutim dalam penyediaan bibit untuk pertanian,” ungkapnya.

Tak lupa, pemerintah juga turut serta dalam penyediaan pupuk bagi para petani, yang turut berkontribusi dalam peningkatan hasil panen seperti yang dialami oleh Poktan Umbut Aren.

“Dengan dukungan pupuk yang memadai, hasil panen yang luar biasa seperti ini menjadi bukti bahwa kerja keras dan sinergi antara pemerintah dan petani dapat menghasilkan prestasi gemilang dalam sektor pertanian,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sangatta Selatan Muhajir, juga menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada Pemerintah Kabupaten Kutim dan Dinas TPHP atas keputusan untuk menjadikan Poktan Umbut Aren sebagai pusat penangkaran bibit padi. Menurutnya, langkah ini akan membantu dalam menyediakan bibit berkualitas bagi para petani di wilayah tersebut.

“Dengan adanya penangkaran bibit padi di Sangatta Selatan, diharapkan dapat mengatasi masalah ketersediaan bibit berkualitas bagi para petani di masa mendatang,” tambahnya.

Sangatta Selatan Jadi Sentra Penyedia Bibit Beni Padi di Kutim

Muhajir yakin bahwa benih yang diproduksi dari penangkaran di Poktan Umbut Aren akan memiliki kualitas unggul. Hal ini diharapkan dapat menjadikan Kutim sebagai lumbung padi di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dengan langkah inovatif ini, persawahan Poktan Umbut Aren menjadi bukti nyata akan potensi luar biasa yang dimiliki oleh sektor pertanian, serta komitmen pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan pertanian yang modern, produktif dan berkelanjutan.

Panen benih padi sawah sebanyak 4,8 ton di lahan Poktan Umbut Aren bukan hanya sebuah pencapaian, tetapi juga merupakan tonggak sejarah dalam mengangkat potensi pertanian. Sebagai bagian integral dari pariwisata lokal, yang semakin mengukuhkan Kutim sebagai salah satu pusat pertanian terdepan di masa datang.(adv/Diskominfosp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *