Budaya Lom Plai Potensial Angkat Kutai Timur ke Kancah Internasional

IMG 20240421 WA0010

WhatsApp Image 2024 04 01 at 7.03.05 AM

rumahkaryabersama.com.Budaya Lom Plai Potensial Angkat Kutai Timur ke Kancah Internasional – Pesta Adat Lom Plai Wehea sangat potensial untuk mengangkat nama Kutai Timur ke kancah internasional melalui seni budaya.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Maliki usai mengikuti prosesi acara puncak Pesta Adat dan Budaya Wehea Lom Plai di Lapangan Sepak Bola Desa Nehas Liah Bing, Kutai Timur, Sabtu (20/4/2024).

“Atas nama pemerintah, kami sangat mengapresiasi acara budaya Lom Plai. Ini adalah wujud komitmen kita untuk menjaga warisan seni budaya nenek moyang kita. Bukan itu saja, pesta adat ini akan menjadi instrumen untuk mengenalkan Kutai Timur lebih jauh ke luar, nasional dan internasional,” ucap Akmal.

Lom Plai merupakan pesta syukuran panen padi yang selalu dilaksanakan oleh masyarakat adat Wehea setiap tahunnya. Lom Plai kegiatan bersama enam desa di kawasan Wehea, yakni Desa Liaq Leway, Bea Nehas, Nehas Liang Bing, Long Wehea, Diaq Lay dan Dea Beq.

Sebagai bagian dari penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), Kutai Timur perlu terus mengembangkan potensi seni budayanya. Pemkab Kutai Timur dan perusahaan yang beroperasi di sana juga diimbau memberi dukungan untuk pembinaan seni budaya setempat.

Budaya Lom Plai Potensial Angkat Kutai Timur ke Kancah Internasional

Ke depan, Akmal menyarankan agar Pemkab Kutai Timur berani menggelar event dengan level lebih nasional bahkan internasional. Misalnya, mengundang seni budaya dari negara-negara lain yang hampir serupa, seperti Thailand, Jepang, dan China.

“Jadi sakralnya tetap kita jalankan dan kita juga punya pembanding. Harapan kita festival budaya ini akan lebih mendunia dan menjadi aset dunia, karena ini sudah jadi warisan Unesco,” ucap Akmal.

Kekayaan adat-istiadat dan budaya nusantara memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Beragam suku bangsa dengan keunikan dan ciri khas masing-masing memberikan warna tersendiri bagi keberagaman adat dan budaya nusantara, sehingga menjelma menjadi identitas nusantara yang tak ternilai harganya dan menjadi kebanggaan.(adv/Diskominfosp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *